Salin Artikel

Jangan Asal Beli Helm, Cek Ukurannya Biar Aman dan Nyaman Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan helm menjadi kewajiban penting bagi setiap pengendara motor. Fungsinya sebagai salah satu alat keselamatan bila terjadi hal buruk.

Walau sudah wajib, sayang masih banyak yang menganggap sepele keberadaanya, bahkan cenderung membeli helm hanya melihat sisi estetika.

Salah satu contoh seperti memilih ukuran helm yang tidak sesuai ukuran kepala. Padahal selain tak nyaman, hal itu juga membuat fungsinya tak optimal dalam melindungi. 

Tidak jarang ditemui helm yang terjatuh saat digunakan imbas terpaan angin. Selain tak aman bagi pengendara, hal ini juga membahayakan pengendara lain.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus, kepada Kompas.com belum lama ini.

Nah, untuk itu penting memilih helm sesuai ukuran kepala. Jangan asal membeli dengan menyampingkan sisi kenyamanan dan keselamtan.

Karena pada dasarnya tiap helm yang diproduksi sesuai standar juga memiliki pilihan ukuran, yakni XS, S, M, L, XL, dan XXL.

Huruf-huruf tersebut bukan menandakan besarnya benda pelindung kepala, melainkan lingkar rongga helm yang disesuaikan dengan kepala pemakai.

Untuk detailnya sebagai berikut :

- S : direkomendasi lingkar kepala antara 56-57 cm

- M :direkomendasikan lingkar kepala 58 cm

- L : direkomendasikan lingkar kepala 59-60 cm

- XL: direkomendasikan lingkar kepala 61-62 cm

- XXL: direkomendasikan lingkar kepala 62-64 cm.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/24/193100015/jangan-asal-beli-helm-cek-ukurannya-biar-aman-dan-nyaman-digunakan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.