Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak, Bahaya atau Tidak?

Salah satu permasalahan yang kerap dialami pengguna mobil ialah komponen rem yang bergetar saat pedal diinjak.

Dengan kata lain, saat melakukan pengereman akan timbul getaran. Hal ini tentunya akan membuat pengemudi mobil tidak nyaman saat berkendara.

Bahkan, dapat menimbulkan kecemasan jika komponen paling penting dalam keselamatan berkendara itu bermasalah. Oleh sebab itu, rem harus selalu dijaga oleh para pemilik mobil.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan rem yang bergetar saat diinjak dapat disebabkan oleh piringan cakram yang tidak rata.

“Getaran ini terjadi karena piringan dan kampas rem yang sudah tidak rata, maka ketika dipaksa melakukan pengereman pasti akan terjadi getaran keras di pedal rem,” kata Suparna kepada Kompas.com .

Tetapi ketika permukaan piringan sudah tidak rata, apalagi terdapat goresan maka efeknya akan menimbulkan getaran saat menginjak pedal rem.


Suparna juga mengatakan jika alami kondisi tersebut sebaiknya segera dilakukan pembubutan pada saat pemilik mobil melakukan servis berkala. Perawatan ini tidak harus dilakukan setiap 10.000 km, bisa dilakukan pada 20.000 km atau 40.000 km.

“Pembubutan yang cepat dan bagus adalah proses on wheel, jadi kendaraan tidak kita lepas piringan remnya, tetap menempel pada roda mobil. Teknik melakukan pembubutan langsung pada kendaraan ini dengan menggunakan alat yang dinamakan rematching rem,” kata Suparna.

Penggantian kampas rem juga harus diperhatikan, namun jika kampas rem masih tebal cukup diratakan kemudian dipasang kembali.

Agar tidak alami kondisi rem bergetar berdampak buruk, pemilik mobil sebaiknya segera mengatasi permasalah yang terjadi di sektor pengereman. Sistem rem merupakan perangkat vital pada kendaraan, maka jangan menyepelekan sekecil apapun masalah pada rem mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/21/124200115/rem-mobil-bergetar-saat-diinjak-bahaya-atau-tidak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke