Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rawan Susut, Cek Ketinggian Oli Motor Setelah Dipakai Mudik

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang baru saja pulang dari perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, wajib mengecek ketinggian oli mesin. Pasalnya, oli rawan susut usai dipakai turing antar kota.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, kondisi oli mesin rentan mengalami perubahan setelah dipakai perjalanan jauh.

“Sangat mungkin mengalami banyak penyusutan. Oleh sebab itu, cek kapasitas atau volume oli mesin setelah dipakai mudik," ujar Rendra, kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, penyusutan volume oli mesin dalam jumlah banyak bisa membuat pelumasan pada komponen mesin motor menjadi tidak maksimal.

Bahkan, apabila dibiarkan bakal terjadi keausan pada komponen mesin yang butuh lebih banyak biaya untuk perbaikan.

Rendra menambahkan, ada beberapa hal yang menyebabkan volume oli mesin bisa berkurang lebih banyak ketika motor dipakai turing jarak jauh.

"Saat turing itu kan motor menempuh jarak yang lebih panjang dalam satu waktu penggunaan. Itu yang membuat penguapan pada oli mesin lebih mudah terjadi," ucap Rendra.

Kemudian pada saat liburan, kondisi jalan juga cenderung lebih padat. Belum lagi macet yang bikin suhu mesin tinggi, serta bikin penguapan juga jadi lebih cepat.

"Sebenarnya penyusutan volume oli mesin setelah motor digunakan jarak jauh itu hal yang normal. Tinggal dicek saja dan lakukan penggantian atau penambahan setelah pulang turing," kata Rendra.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/21/112200015/rawan-susut-cek-ketinggian-oli-motor-setelah-dipakai-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke