Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Beli Bensin Eceran Aman bagi Mesin Mobil?

Para penjual bensin eceran akan menjual bensin di pinggir jalan dalam bentuk botol satu liter ataupun menggunakan pompa manual.

Jika diamati, warna dari bensin eceran juga terlihat serupa dengan yang dijual di SPBU. Namun, apakah bensin eceran aman bagi kesehatan mobil?

Executive Coordination Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan, jika kualitas bensin bagus, tidak menjadi masalah untuk mesin mobil.

“Sedangkan kalau kualitasnya jelek atau ada penambahan material lain, maka dapat memengaruhi kinerja pompa bensin, injektor, dan ruang bakar yang cepat kotor,” kata Bambang kepada Kompas.com.

Dengan kata lain, tolok ukur bahan bakar bisa dilihat dari kualitas bensin yang dijual, bukan di mana lokasi penjualan.

“Kalau di bensin tersebut terdapat sulfur, maka dapat menyumbat saluran pompa dan injektor bahan bakar, sehingga mobil tersendat-sendat saat jalan ataupun mati,” kata Bambang.

Saluran pompa bensin memang masih bisa dibersihkan, tetapi kalau sudah parah, harus diganti. Begitu juga kalau bearing ikut terkena, harus ganti dengan yang baru. Selain itu, jika kualitas oktan dari bensin eceran turun, bisa menimbulkan masalah lain.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan bahwa tenaga mesin akan kurang maksimal karena mesin menyetel timing pengapian lebih mundur untuk mencegah mesin ngelitik.

“Dampaknya selain tenaga turun, juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,” kata Suparna. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/120200415/apakah-beli-bensin-eceran-aman-bagi-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke