Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi Lengkap All New Subaru Forester, Semakin Canggih

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) resmi meluncurkan All New Forester. Sport utility vehicle (SUV) ini membawa banyak perubahan dibandingkan generasi sebelumnya.

Perubahan dilakukan mulai eksterior, interior, sektor mesin, hingga penyematan teknologi dan fitur yang membuat mobil ini semakin canggih.

Untuk diketahui Forester sudah dipasarkan sejak lama dan tahun ini merupakan ulang tahunnya yang ke-25. Forester yang sekarang adalah generasi yang kelima.

Subaru Indonesia menghadirkan dua tipe untuk All New Forester. Pertama, 2.0i-L untuk tipe terendah. Kedua, 2.0i-S EyeSight.

Dari eksterior, Subaru menyebutkan bahwa All New Forester menggabungkan karakter SUV dengan kenyamanan dan fitur yang mudah dioperasikan.

Bagian depannya memiliki desain yang baru, baik pada grille, lampu depan, hingga bumper. Daytime running light (DRL) dengan C-Shape punya tampilan yang cukup ikonik.

Lampu depan dengan projector LED dilengkapi Adaptive Driving Beam (ADB) dan Steering Responsive Headlight (SRH). Bumper depan juga dilengkapi underguard yang menyatu dengan under-body flat panel.

Flat panel tersebut berguna untuk melindungi bagian bawah mobil. Selain itu, berfungsi juga untuk meningkatkan kekedapan kabin.

Pada bagian samping, terdapat dua garis body di samping dan empat garis fender yang kokoh. Peleknya menggunakan ukuran 18 inci untuk tipe S EyeSight dan 17 inci untuk tipe L. Peleknya menggunakan model dual tone dengan finishing diamond cut.

Bagian buritan terdapat lampu belakang dengan desain C-shape juga, senada dengan lampu depannya. Terdapat juga spoiler dengan high mounted stop lamp. Bumper berwarna hitam dihiasi dengan difuser berwarna silver.

Pada bagian atas, sudah dilengkapi dengan roof rail. Tapi, hanya tipe S EyeSight saja yang memiliki sunroof.

All New Subaru Forester memiliki ground clearance 220 mm, departure angle 24,6 derajat, approach angle 20 derajat, dan brake over 19,6 derajat. Mobil ini dinilai tangguh untuk melibas medan semi off-road.

Beralih ke bagian interior, Subaru menggunakan material terbaik dan built quality khas Monozukuri craftmanship dari Jepang, interior All New Subaru Forester memberikan kesan premium dan unik disaat yang bersamaan.

Setir center-spoke dengan tombol untuk mengoperasikan Subaru EyeSight (Adaptive Cruise Control), infotainment, dan Subaru Intelligent Drive, untuk moda berkendara Intelligent Mode dan Sports Mode, serta paddle shift.

Instrument cluster hadir dengan dua dan satu layar LED untuk informasi yang interaktif. Sistem infotainment dengan layar sentuh 8 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto menjadi standar untuk semua varian.

Layar kedua di konsol tengah menampilkan informasi lebih lengkap, seperti konsumsi bahan bakar, temperatur, OFF-ROAD display, Subaru EyeSight, dan Kompas.

Bangku depan seluruh varian sudah dilengkapi dengan Electric seat dengan Memory function. Setiap bangku sudah dilengkapi head rest, cup-holder, dan dapat direbahkan sesuai kebutuhan.

Kapasitas bagasi 500 liter dan dapat diperluas hingga 1740 liter dengan melipat bangku pada baris kedua.

Khusus tipe S EyeSight, material interior didominasi soft touch panel dan genuine nappa leather. Selain itu, disematkan sistem Audio Harman Kardon 9-speaker.

All New Subaru Forester yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi dengan mesin Subaru FB20, BOXER Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga 154 tk di 6.000 rpm dan torsi hingga 196 Nm di 4.000 rpm.

Mesin tersebut menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD. Perpindahan gigi juga dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir.

Terdapat delapan pilihan warna, yakni Horizon Blue Pearl, Crystal Black Silica, Crimson Red Pearl, Crystal White Pearl, Magnetite Gray Metallic, Autumn Green Metallic, Ice Silver Metallic, dan Brilliant Bronze Metallic.

Subaru Forester 2.0i-L ditawarkan dengan harga Rp 579,5 juta (OTR Jakarta) dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight ditawarkan dengan harga Rp 659,5 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/18/173100415/spesifikasi-lengkap-all-new-subaru-forester-semakin-canggih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke