Salin Artikel

Bahaya Memanaskan Mobil Diesel Terlalu Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan mobil diesel memiliki perbedaan perlakuaan dengan mesin bensin. Salah satunya kebiasaan memanaskan mesin sebelum menggunakannya.

Seperti diketahui, mobil dengan mesin diesel tak menggunakan busi seperti mobil bensin, melainkan glow plug atau yang biasa dikenal busi pijar.

Glow plug akan mengubah aliran listrik pada baterai menjadi energi panas. Fungsinya untuk meningkat kompresi yang tinggi pada ruang bakar.

Sehingga saat suplai bahan bakar yang dikabutkan dari nozzle menyembur menjadi lebih mudah terbakar.

Menurut Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), memanaskan mesin diesel saat ini cukup dilakukan selama lima menit.

Hal tersebut berkat sudah adanya sensor tambahan pada perangkat mesin, sehingga suhu optimal bisa tercapai lebih cepat.

Memanaskan mesin diesel lebih bertujuan, agar pelumas dapat melindungi komponen mesin yang bergesekan. 

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ujar Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui solar mempunyai titik bakar yang rendah, sehingga untuk bisa terbakar sempurna harus dimampatkan terlebih dahulu dengan tekanan tinggi.

“Jika terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya efek gas buang knalpot yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi dilakukannya di dalam garasi rumah,” kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/16/144100115/bahaya-memanaskan-mobil-diesel-terlalu-lama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.