Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurus Anti Selip Saat Mengendarai Mobil di Jalan Berlumpur

Ban selip adalah kondisi di mana ban mobil hilang kontrol saat berkendara. Jalan yang licin seperti rumput basah atau lumpur rawan memicu kondisi ban mobil selip.

Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan penggerak roda depan mobil lebih rawan selip jika melewati tanjakan yang licin, oleh karena itu berkendara harus menggunakan teknik yang tepat agar tetap aman saat melintasi jalan berlumpur.

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin, jangan menekan gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Kalau ban mobil sudah spin atau selip, kendaraan akan merosot ketika di tanjakan, atau diam ditempat,” kata Jusri kepada Kompas.com.

Jusri menyarankan, pastikan berjalan secara perlahan untuk mobil penggerak roda depan.
Kemudian, gunakan pula rem tangan ketika mulai berjalan di tanjakan.

Ketika mobil mulai bergerak, turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap. Dan perlu diingat untuk tetap tenang, jangan buru-buru untuk menekan gas.

“Tekan gas secara halus dan bertahap untuk menghindari ban kehilangan traksi dengan permukaan yang licin,” ujar Jusri.

Jusri juga menambahkan, ketika mobil melewati jalan berlumpur, gunakan putaran mesin yang rendah. Cara ini dapat dilakukan dengan menempatkan gigi perseneling pada satu tingkat lebih tinggi dibanding berjalan di jalan biasa.

“Posisikan gigi lebih tinggi satu tingkat, misalnya jika berjalan 40 km/jam di jalan biasa menggunakan gigi 2, di jalan licin bisa menggunakan gigi 3. Hal tersebut dikarenakan mobil penggerak roda depan respon terhadap gasnya lebih cepat, bisa membuat cengkraman roda terlepas, jadi harus bertahap,” ujar Jusri. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/14/140200915/jurus-anti-selip-saat-mengendarai-mobil-di-jalan-berlumpur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke