Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Suzuki di MotoGP, Pernah Cabut pada 2011

Dalam pernyataannya Suzuki mengatakan alasan pergi kedua kali dari MotoGP karena kondisi keuangan yang tidak stabil. Dana balap akan digunakan riset dan pengembangan produk lain.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasi kami di MotoGP pada akhir 2022," tulis Suzuki dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Jumat (13/5/2022).

"Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upaya pada perubahan besar yang dihadapi sektor otomotif dalam beberapa tahun terakhir memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru,” ungkap Suzuki.

Sejarah Suzuki di dunia MotoGP telah dimulai sejak era 1970-an, tepatnya pada 1974.

Ketika itu, Suzuki langsung tampil gemilang, dan mengantarkan Barry Sheene merebut gelar juara dunia pada 1976 ketika mengendarai Suzuki RG500 yang dirancang oleh Makoto Hase.

Perjalanan karier Suzuki di MotoGP memang tak semulus Yamaha dan Honda. Akibat masalah krisis keuangan, Suzuki juga pernah undur diri dari MotoGP pada 2011.

Pada 2015, Suzuki kembali ke aspal sirkuit. Suzuki hadir dengan menggandeng perusahaan oli sebagai sponsor utamanya, dan sejak itu pula namanya berganti menjadi Suzuki Ecstar.

Langkah awal saat kembali ke dunia MotoGP, Suzuki langsung menggandeng dua pebalap yang saat itu sedang naik daun, yakni Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Keduanya dipercaya menjadi joki GSX-RR yang telah dikembangkan Suzuki sejak 2012. Jadi meski pamit dari MotoGP, tapi Suzuki tetap menjalankan pengembangan mesin.

Pada 2016, Suzuki Ecstar berhasil menempati posisi keempat pada klasemen akhir dengan perolehan 208 poin.

Setelah penantian panjang selama 20 tahun, pada 2020 pebalap asal Spanyol, Joan Mir akhirnya berhasil menjadi juara dunia baru dari Suzuki, yang terakhir dipersembahkan oleh Kenny Roberts Jr.

Melihat sejarahnya bahwa Suzuki perah mundur dan masuk lagi ke MotoGP, maka ada kesan bahwa pabrikan asal Hamamatsu itu akan kembali ke MotoGP jika situasinya memungkinkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/13/150100915/sejarah-suzuki-di-motogp-pernah-cabut-pada-2011

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke