Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Air Panas Bisa Memperbaiki Bemper Mobil Penyok

Saat terjadi tabrakan atau bersenggolan dengan benda tertentu, bemper mudah lecet, robek, penyok, dan hancur. Untuk memperbaiki bemper yang penyok, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, dalam upaya menekan biaya pengeluaran yang besar, beberapa pemilik mobil memilih cara alternatif seperti menggunakan air panas.

Lalu, benarkah cara ini efektif untuk mengatasi bemper yang penyok?

Kepala Bengkel Auto2000 Body Paint Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, bisa saja cara ini digunakan untuk kerusakan bemper yang ringan, tetapi tidak terlalu efektif.

"Hanya saja, metode penyiraman air panas tidak bisa mengembalikan kondisi 100 persen seperti semula. Hanya area yang terdeformasi elastis, tidak bisa untuk bagian yang pernah di dempul atau repair," kata Yuly.

Dengan kata lain, cara ini tidak sepenuhnya tepat. Bahkan, jika sampai salah, air panas berpotensi merusak lapisan cat. Alhasil, bukannya memperbaiki bemper, justru eksterior mobil akan belang-belang.

Yuli menyarankan bahwa cara yang paling tepat adalah menggunakan heater gun dengan suhu panas sekitar 150 derajat celsius. Metode tersebut akan melakukan perbaikan body on dolly agar permukaan bumper bisa mencapai hasil yang maksimal.

"Kalau memang ingin pakai metode penyiraman dengan air panas, silakan saja, tapi sebaiknya pahami risiko yang akan muncul. Jangan sampai cat jadi rusak atau goresan lebih besar," kata  Yuli.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/13/102200715/mitos-atau-fakta-air-panas-bisa-memperbaiki-bemper-mobil-penyok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke