Salin Artikel

Jangan Salah, Daya Aki Mobil Bisa Tekor meski Jarang Digunakan

Padahal, mobil kesayangan yang berdiam diri saja di garasi, dayanakinya jiga bisa tekor.

Pada mobil keluaran terbaru, aki menyuplai listrik untuk beberapa komponen kelistrikan. Agar tetap berfungsi dengan baik, pemilik mobil harus mengisi daya aki agar tidak tekor.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan Suparna mengatakan, jika tanpa pengisian daya sama sekali, aki bisa tekor dalam kurun 3-4 bulan.

"Mobil sekarang dilengkapi dengan kontrol elektronik salah satunya alarm, walaupun sifatnya hanya terjaga, namun arus kelistrikan komponen tetap berjalan dan memakai aki," kata Suparna kepada Kompas.com.

Lebih lanjut, Suparna menyarankan agar mobil perlu dipanaskan meski jarang digunakan. Cara ini bertujuan agar aki mengisi daya kembali.

"Tapi tidak cukup hanya posisi langsam saja, buka gas sedikit tinggi tapi tidak perlu sampai gerung-gerung misalkan idling di kisaran 700-800 rpm, kita gas sekitar 1.000- 1.200 rpm itu hanya kondisi agar aki tidak tekor," ujar Suparna.

Meski demikian, akan lebih bagus kalau mobil diajak jalan meski tidak jauh. Sebab seperti disebutkan, saat dikendarai artinya mobil harus digas.

"Tapi lebih bagus lagi tipsnya adalah kendaraan dipakai. Misalnya kendaraan dikeluarkan dari garasi, diajak muter kawasan sekitar rumah meski tidak jauh," kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/11/094200415/jangan-salah-daya-aki-mobil-bisa-tekor-meski-jarang-digunakan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.