Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Operasi Ketupat 2022 Berakhir, Polisi Tetap Pantau Arus Lalu Lintas

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas kepolisian memastikan tetap memantau arus lalu lintas meskipun Operasi Ketupat 2022 berakhir.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Santyabudi mengatakan, jajarannya akan terus bertugas memantau arus lalu lintas, sebab masih ada sekitar 30 persen pemudik yang belum kembali ke Ibu Kota.

Pihaknya juga memprediksi volume lalu lintas akan meningkat pada akhir pekan karena adanya long weekend dengan Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022).

“Kami masih diperintahkan untuk memantau arus lalu lintas sampai +1 minggu, hanya saja tidak menggunakan sandi Operasi Ketupat, tapi menggunakan ‘kegiatan rutin yang ditingkatkan’. Kalau dilihat dari jadwal masih ada kemungkinan masyarakat berlibur di minggu-minggu ini,” ujar Firman, dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Saat berkomunikasi dengan perwakilan Polda Jawa Tengah secara daring, Firman juga menggarisbawahi pentingnya manajemen berbagai rest area. Karena berdasarkan prediksi, masih banyak masyarakat yang memanfaatkan minggu ini untuk berlibur.

“Jadi untuk kegiatan rutin yang ditingkatkan, personel betul-betul disiagakan terutama di jalur-jalur yang menjadi titik-titik rawan,” katanya.

Tak lupa, Firman juga meminta agar jajaran Polda Jateng menggunakan cara-cara bertindak sesuai dengan Operasi Ketupat guna mengatasi dinamika dil lapangan nantinya.

“Meskipun ada beberapa karakteristik lalu lintas yang berbeda dibandingkan dengan arus mudik dan balik. Misalnya, teman-teman kita di angkutan berat sudah turun kembali ke jalan,” kata Firman.

Firman memastikan, anggotanya tetap berada di lapangan untuk mengasistensi para pemudik yang kembali.

“Saya juga berkomunikasi dengan Kabagops (kepala bagian operasi) kami untuk tetap berkoordinasi dengan teman-teman di Jasa Marga,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/11/070200315/operasi-ketupat-2022-berakhir-polisi-tetap-pantau-arus-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke