Salin Artikel

Memang Pengaruh, Buka Kap Mesin Saat Mobil Mogok?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bisa saja mengalami masalah ketika sedang dibawa jalan-jalan keluar kota. Salah satu masalah yang mungkin terjadi adalah mesin yang kepanasan atau overheat.

Masalah mesin tersebut biasanya ada pada sistem pendinginan seperti radiator. Selain itu, ketika ketahuan masalahnya, pemilik mobil tidak bisa langsung membuka tutup radiator, karena air di dalamnya masih panas dan berpotensi menyemprot keluar.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuka kap mesin. Sebenarnya, ada beberapa manfaat ketika mesin kepanasan, kap mesin harus ikut dibuka saat mobil menepi.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, membuka kap mesin mobil dapat membantu mengeluarkan panas yang ada di ruang mesin.

"Membuka kap mesin bisa mempercepat pendinginan karena udara panas akan terbuang ke atas," ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Walaupun tidak dibuka kap mesinnya, sebenarnya tetap bisa membuat mesin dingin, tetapi prosesnya akan lebih lama. Kemudian jika mesin sudah dingin, baru bisa dilakukan beberapa tindakan.

"Kalau air pendinginan berkurang, bisa ditambah. Tetap berhati-hati saat menambah air tersebut karena panas. Bisa juga diantu dengan lap untuk menghindari air panas muncrat mengenai tangan," kata Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/07/081200915/memang-pengaruh-buka-kap-mesin-saat-mobil-mogok-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.