Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan Arus Balik, Ini Daftar Tarif Tol Bandung-Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang puncak arus balik, pemudik yang akan kembali ke Jakarta diimbau untuk melakukan perjalanan sebelum tanggal 6-8 Mei 2022.

Puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi pada Minggu, 8 Mei 2022 akan padat karena diperkirakan ada 269.444 kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari itu.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebut bahwa angka ini naik 53,6 persen dari lalu lintas normal pada periode November 2021.

Arus kendaraan yang akan menuju Jabotabek diperkirakan akan melalui beberapa Gerbang Tol (GT), di antaranya adalah GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans-Jawa dan Bandung) serta GT Cikupa arah Merak, dan GT Ciawi arah Puncak.

Distribusi kendaraan yang akan kembali dari arah Timur, mayoritasnya akan berasal dari Trans-Jawa dan Bandung, melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip.

Mengingat kepadatan yang bakal terjadi, pemudik harus menyiapkan beberapa hal, salah satunya adalah dengan menyiapkan saldo kartu e-toll yang cukup untuk melewati gerbang tol sesuai dengan rute tujuan.

Saldo kartu e-toll yang tidak mencukupi dapat menghambat arus kendaraan yang akan melintas di gerbang tol terkait. Kemudian, tarif tol diperbaharui setiap dua tahun sekali, jadi tarif saat ini berbeda dengan tarif saat mudik terakhir sebelum pandemi, yaitu Lebaran 2019.

Berikut ini tarif tol Jakarta-Bandung rute Bandung ke Jakarta untuk kendaraan Golongan I:

Tol Padaleunyi: Rp 10.000
Tol Cipularang: Rp 42.500
Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/06/170100815/persiapan-arus-balik-ini-daftar-tarif-tol-bandung-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke