Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Jalur Alternatif Menuju Bandung Selama Arus Balik Lebaran 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan empat jalur alternatif dari Jakarta menuju Bandung saat pemberlakuan satu arah atau one way arus balik Lebaran 2022 pada 6-8 Mei 2022.

Dikatakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, jalur pertama lewat ruas Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang serta Bandung.

Kemudian yang kedua, melintasi Jagorawi-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung.

Ketiga, bisa melalui Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung. Lalu keempat, melewati jalur Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdang-Cikalong-Padalarang-Bandung.

"Ada empat alternatif rute Jakarta menuju Bandung saat one way selama balik Semarang-Jakarta pada 6-8 Mei 2022," kata Sambodo dikutip dari Antara, Selasa (3/5/2022).

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengimbau warga yang mudik agar pulang ke Jakarta lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

"Karena tanggal 6, 7 dan 8 itu nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Irjen Pol Firman.

Sehingga, ia meingibau warga yang kembali ke ke Ibu Kota sebelum 6 Mei 2022 akan lebih nyaman di dalam perjalanan karena konsentrasi volume kendaraan akan terpecah.

Apabila waktu cutinya cukup, lanjut dia, bisa pulang setelah 9 Mei 2022 atau usai arus balik Lebaran 2022 berlalu.

Firman pun memastikan kesiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022 dan meminta masyarakat mengikuti kebijakan dan aturan Korlantas Polri.

Korlantas Polri bersama pemangku kepentingan lain membuat kebijakan rekayasa lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2022, guna menangani kepadatan arus kendaraan.

"Apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/04/081200715/4-jalur-alternatif-menuju-bandung-selama-arus-balik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke