Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Kerja Fitur ESP di Suzuki XL7

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan waktu, faktor keselamatan menjadi hal yang penting untuk kendaraan. Tak heran jika pabrikan otomotif terus berlomba untuk menyajikan produk yang memiliki fitur keselamatan terdepan.

Tak terkecuali dengan Suzuki XL7, mobil yang menemani perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 melintasi ruas tol Jakarta-Probolinggo.

Suzuki XL7 telah dibekali dengan fitur Electronic Stability Program (ESP) yang merupakan teknologi komputerisasi untuk mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. Ini sekaligus meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat berkendara.

Saat perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 di Cirebon, Jawa Barat, tim redaksi sempat berkendara dalam kondisi hujan dengan jalan yang licin, serta melakukan manuver dalam kecepatan yang cukup tinggi. Hasilnya, Suzuki XL7 cukup stabil dan tidak timbul gejala oversteer dan understeer.

Pasalnya, fitur ESP dapat mendeteksi mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan bisa mengurangi risiko fatal bagi pengemudi atau penumpang, terutama ketika kendaraan mengalami manuver tiba-tiba. Mengingat keselamatan saat ini sudah menjadi faktor yang tidak bisa ditawar lagi.

Sebagai informasi, Merapah Trans-Jawa kali kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/30/150200615/cara-kerja-fitur-esp-di-suzuki-xl7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke