Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perjalanan Merapah 2022, Tiba di Ujung Tol Trans-Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua mobil Suzuki, yakni XL7 dan Ertiga, sukses mengantar perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022. Dimulai dari 0 kilometer (Km) Tol Jakarta-Cikampek, tim redaksi Kompas.com, berhasil menyentuk titik akhir tol Trans-Jawa di Km 841, tepatnya di Probolinggo, Jawa Timur.

Merapah Trans-Jawa kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Selama perjalanan, hampir tak ada kendala yang tim hadapi. Memang tak semua permukaan jalan yang disajikan mulus, beberapanya cukup bergelombang dan bumpy, terutama ketika melintas di ruas Tol MBZ dan Cipali, sementara selebihnya cukup nyaman.

Suzuki XL7 tetap bisa memberikan kenyamanan baik ketika sedang berada di balik kemudi, maupun saat menjadi penumpang di baris kedua.

Dalam perjalanan Merapah 2022, tim juga sempat menyambangi pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Jawa Timur.

Ruas tol ini sebetulnya sudah diresmikan pada 2019 lalu, namun Tol Paspro masih menyisakan ruas yang masih dalam tahap konstruksi. Ruas tol tersebut adalah Seksi IV A Probolinggo Timur/Leces-Gending.

Sebagai informasi, tol Pasuruan-Probolinggo dirancang sepanjang 45 Km yang menghubungkan kota-kota utama di Jawa Timur, seperti Surabaya dan Banyuwangi.

Jalan bebas hambatan berbayar ini juga terhubung dengan Jalan Tol Gempol Pasuruan dan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat, dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur.

Seksi terakhir, yakni Seksi IV Probolinggo Timur/Leces-Gending masih dalam tahap konstruksi yang ditargetkan tuntas pada Desember 2022.

“Seksi pamungkas Tol Paspro akan tuntas konstruksinya pada Desember 2022. Namun, operasionalnya masih harus menunggu uji laik operasi dan uji laik fungsi,” ucap Direktur Utama PT Transjawa Paspro Jalan Tol Mulya Setiawan, kepada Tim Merapah Trans-Jawa, Selasa (26/4/2022).

Jalan tol yang menjadi salah satu jalur mudik Lebaran terpadat ini memiliki empat rest area tipe B yang masing-masing berada di lajur kiri dan kanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/28/072200215/perjalanan-merapah-2022-tiba-di-ujung-tol-trans-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke