Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Honda yang Terpengaruh Krisis Semi Konduktor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengaruh krisis chip semi konduktor sampai ke Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) mengatakan krisis chip memengaruhi produksi sepeda motor.

Thomas Wijaya Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, proses produksi tersebut akhirnya berpengaruh pada keterlambatan suplai ke konsumen.

"Khususnya di tipe matik, terus kurang lebih (ada) beberapa tipe. Plus minus konsumen menunggu sampai satu bulan," kata Thomas dalam video telekonferensi, Senin (25/4/2022).

Thomas tidak menyebut rinci model apa saja yang terdampak krisis semi konduktor, namun dipastikan ialah skutik entry level.

"Entry level sampai mid level. Untuk di segmen high end dan premium tidak terkena," katanya.

Thomas mengatakan, dalam rantai produksi chip semi konduktor banyak dipakai pada komponen yang berkaitan dengan klaster instrument termasuk speedometer.

"Kebanyakan terkait dengan speedometer. Parts di speedometer," katanya.

Thomas mengatakan, kondisi ini sebetulnya tidak hanya dialami oleh industri otomotif termasuk roda dua tapi juga industri lain yang berkaitan salah satunya industri elektronik.

Thomas mengatakan, krisis semi konduktor ini tidak lepas dari latar belakang pandemi Covid-19 di seluruh dunia. Di mana dalam dua tahun ini saat pandemi, pertumbuhan barang elektronik meningkat tapi suplai chip tetap sama.

"Mungkin saat pandemi pertumbuhan elektronik meningkat banyak, jadi mungkin kapasitasnya tidak menurun tapi ada beberapa barang yang berkembang," katanya.

"Jadi di satu sisi ketika otomotif mulai membaik ada pemenuhan yang terdampak baik di elektronik atau otomotif," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/26/190100115/motor-honda-yang-terpengaruh-krisis-semi-konduktor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke