Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekayasa Lalu Lintas di Yogyakarta Jelang Lebaran 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tujuan utama para pemudik jelang Lebaran 2022 adalah Yogyakarta. Kemacetan pun diprediksi juga akan terjadi di sana.

Untuk itu, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Yogyakarta bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Chandra Lulus Widiantoro, mengatakan, ada beberapa titik yang diprediksi akan terjadi kemacetan, seperti perbatasan sebelah utara, di mana akan dilakukan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Nanti dilakukan pembatasan-pembatasan. Seumpama jumlah kendaraan di dalam kota overload, kita rekayasa di beberapa titik," kata Chandra, setelah apel gelar pasukan Operasi Progo 2022, belum lama ini.

Chandra menambahkan, beberapa titik rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan, seperti Pingit, Pos Gejayan, Wirobrajan, Simpang BPK, dan Jogteng Wetan.

Khusus untuk kawasan atau jalur Malioboro juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Nantinya, wisatawan yang melalui Jalan Mataram ke utara akan langsung diarahkan ke barat, langsung masuk kawasan Malioboro.

Sementara kendaraan yang datang dari arah timur atau dari Jembatan Kleringan, wisatawan nantinya akan diarahkan ke barat.

"Maksud dan tujuan dipasang pembatas jalan itu untuk menghindari crossing dari arah Kotabaru. Di situ, sudah dipasang pembatas jalan mudah-mudahan tidak terjadi crossing," kata Chandra.

Chandra menambahkan, pihaknya akan melakukan pengkajian kembali saat kawasan Malioboro bebas kendaraan bermotor pada libur Lebaran 2022, pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

"Apalah pemberlakuan akan dimajukan, nanti kita lihat perkembangannya. Kalau terjadi peningkatan arus di persimpangan, langsung kita kaji pemberlakuan waktunya," ujar Chandra.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/25/101200115/rekayasa-lalu-lintas-di-yogyakarta-jelang-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke