Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Daftar Nomor Telepon Penting buat Pemudik

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menggelar apel pasukan Operasi Ketupat 2022 untuk mengamankan jalannya mudik Lebaran nanti.

“Jumlah personil yang terlibat dalam Operasi Ketupat sebanyak 144.392 personil,” ujar Listyo, disitat dari NTMC Polri (24/4/2022).

Menurutnya, ratusan ribu personil itu terdiri dari 87.880 anggota Polri dan 56.512 personil dari instansi terkait seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, para petugas siap menerapkan semua skema mudik.

“Jadi kita bisa dari Korlantas sewaktu-waktu untuk memerintahkan kepada jajaran, apabila ada instruksi untuk kita akan menerapkan ganjil genap, one way, dan segala macam, kita sudah latihkan,” ucap Firman.

Firman juga memastikan para petugas bakal melaksanakan kegiatan secara terukur dan maksimal demi keselamatan dan kelancaran bersama. Dia juga menyebut telah menggelar sejumlah simulasi dan uji coba sebelumnya.

 

“Jadi kalau soal simulasi, uji coba, kita sudah latihkan kepada jajaran. Bentuknya kita menyebut tactical floor game,” kata dia.

Meski begitu, Irjen Firman memastikan bakal terus memantau perkembangan arus kendaraan setiap waktu. Terlebih, masyarakat diimbau agar mudik lebih awal.

“Jadi nanti kita akan mengikuti waktu demi waktu, perkembangan arus kendaraan yang berjalan. Dengan diimbaunya pulang lebih awal tentunya akan ada karakteristik pada tanggal 25 sebelum tanggal 28,” tutur Firman.

Dilansir dari Instagram @tmcpoldametro (24/4/2022), terdapat 10 nomor penting buat darurat. Di antaranya nomor Jasa Marga, Pertamina, kepolisian, dan lain sebagainya.

Berikut ini daftar nomor telepon penting buat pemudik:

- Jasa Marga: 14080

- BBM Pertamina: 135

- Kepolisian: 110

- Pemadam kebakaran: 113

- Basarnas: 115

- Ambulans/Kemenkes: 119

- BNPB: 117

- PUPR: 158

- Kemenhub: 151

- Polresta Bandara Soetta: 08119909110

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/24/072100515/catat-ini-daftar-nomor-telepon-penting-buat-pemudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke