Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Jasa Marga soal Gratis Tarif Saat Gerbang Tol Macet hingga 1 Km

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk menggratiskan tarif bila terjadi kemacetan hingga lebih dari 1 kilometer (km) dari gerbang tol saat arus mudik.

Menanggapi pernyataan tersebut, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, pihaknya memahami arahan tersebut sebagai tantang ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar menjaga kinerja pelayanan transaksi di gerbang tol.

"Ini menjadi bagian dari upaya untuk mengurangi kemacetan di jalan tol selama mudik 2022. Adapun pelaksanaan di lapangan nantinya akan menjadi diskresi pihak kepolisian," kata Heru dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Lebih lanjut, Heru menjelaskan, ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kepadatan di jalan tol, terutama pada area gerbang.

Terkait soal kebijakan menggratiskan bila terjadi kemacetan lebih dari 1 km, hal tersebut bisa saja dilaksanakan.

Namun, secara faktor, lebih dikarenakan kinerja layanan transaksi gerbang tol yang tak memadai.

Seperti tak memaksimalkan jumlah gardu operasi, tidak menambah jumlah petugas, atau tidak menyiapkan antisipasi peningkatan kapasitas dengan mobile reader, dan lain-lain.

"Namun, kadang ada faktor lainnya, kepadatan di gerbang tol bisa saja disebabkan oleh pengaturan distribusi lalu lintas di lapangan," ujar pria yang akrab disapa Heru itu.

"Fungsi gerbang tol digunakan sebagai 'katup' untuk mengatur derasnya lalu lintas, dari satu segmen ruas jalan ke segmen ruas jalan berikutnya dengan kapasitas lajur jalan yang lebih kecil," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Pemerintah akan menggratiskan tarif tol saat mudik Lebaran 2022 apabila terjadi kemacetan hingga lebih dari 1 km di gerbang tol.

Menurut Budi, hal tersebut sudah disepakati bersama agar pengelola jalan tol melakukan pengaturan yang maskimal selama periode mudik Lebaran agar terjadi kelancaran.

"Kalau di tol sudah ada kesepakatan, kalau macetnya di gerbang lebih dari 1 km bebas (biaya tol). Ini suatu cara kita untuk menuntut para pengelola tol bekerja baik. Kalau dia bekerja baik, enggak bakal macet. Makanya, kolaborasi untuk imbauan untuk mudik awal juga memberikan satu punishment kepada tol yang tidak bekerja baik," ucap Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/22/153100715/kata-jasa-marga-soal-gratis-tarif-saat-gerbang-tol-macet-hingga-1-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke