Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Sediakan Angkutan Motor Gratis untuk Mudik, Cek Syaratnya

Langkah ini dilakukan sebagai upaya menekan potensi kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dengan motor.

"Program Motis diselenggarakan guna mengurangi angka pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, dikhawatirkan akan menghadapi resiko keselamatan yang tinggi jika memaksakan diri mudik dengan motor," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangan resminya, Kamis (21/4/2022).

DJKA menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan mudik sepeda motor gratis yang akan dimulai 26 April sampai 9 Mei 2022.

Program ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang.

Untuk Lintas Selatan dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari.

Direktur Utama KAI Logistik TLN. Ahmad Malik Syah menjelaskan, pihaknya sudah mulai menerima pendaftaran Motis sampai 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota.

Bagi yang tertrik, masyarakat dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022, ataupun secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

"Kami telah memastikan kesiapan pendukung operasional baik sarana, SDM, hingga sistem untuk angkutan Motis 2022 dan siap mengangkut 9.280 motor arus mudik dan balik sesuai dengan kuota yang disediakan Pemerintah," ucap Malik.

Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan dua kereta api dengan rangkaian masing-masing delapan gerbong bagasi yang akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26–30 April 2022.

Kemudian akan dilanjutkan periode arus balik 05-09 Mei 2022. Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun situs kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Tak hanya itu, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta Motis, akan dilayani KAI Logistik selaku pihak penyelenggara yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/21/143100315/kemenhub-sediakan-angkutan-motor-gratis-untuk-mudik-cek-syaratnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke