Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Karier Pedrosa pada Ajang Balap Mobil Tergantung KTM

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah pensiun, Dani Pedrosa beralih menjadi test rider untuk KTM. Belum lama ini, pebalap yang menghabiskan kariernya di MotoGP bersama Repsol Honda itu menemukan hobi baru.

Tahun ini, Pedrosa mengikuti ajang balap mobil, yakni Lamborghini Super Trofeo Europe. Pada debutnya, performa pebalap asal Spanyol ini cukup mengesankan.

Pada balapan pertama di kelas Pro-Am pada FFF Racing, Pedrosa finis di posisi kesembilan. Lalu, pada balapan keduanya, terjadi peningkatan dengan finis keempat.

Pedrosa mengatakan, untuk meneruskan kariernya di dunia balap mobil, tergantung dari hasil pada dua seri terakhir Super Trofeo. Selain itu, tergantung juga dengan jadwal pengetesannya bersama KTM di 2023.

"Tentu saja prioritas saya sekarang adalah KTM. Jadi, itu kalender pertama saya. Maksudnya, saya harus menunggu bagaimana saya melewati dua seri terakhir ini dan melihat bagaimana itu berkembang untuk masa depan," ujar Pedrosa, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (20/4/2022).

"Tapi, dalam situasi ideal di mana saya bisa mengangkat kecepatan dan tampil sedikit lebih baik, maka ini menarik untuk melakukan setidaknya satu musim lagi dan melihat bagaimana itu berjalan," katanya.

Pedrosa menegaskan, dia harus melihat dulu bagaimana kalender pengetesannya bersama KTM apakah cocok dengan kalender Super Trofeo musim depan.

Pedrosa juga berkesempatan bertemu dengan Valentino Rossi saat balapan di Imola. Keduanya memiliki jadwal balap yang saat itu kebetulan bersamaan. Bahkan, paddock keduanya juga berdekatan.

"Sebenarnya, itu kebetulan saja pit box saya berada di depannya. Pada satu latihan kami bertemu dan berbicara soal pengalaman sejauh ini sekitar dua menit dan bagaimana harus bertahan di racing line," ujar Pedrosa.

Pedrosa menjelaskan, di MotoGP dia terbiasa memiliki racing line yang bisa membuat satu putaran cepat dengan melihat jalur ban di trek. Berbeda dengan mobil, di mana bannya kadang terangkat ketika mengenai curb.

Selain Rossi dan Pedrosa, ada juga pensiunan pebalap MotoGP yang sekarang beralih ke roda empat, yakni Jorge Lorenzo. Pebalap yang terkenal dengan nomor start 99 itu berkompetisi di Italian Porsche Carerra Cup dan Porsche Supercup.

Pedrosa mengatakan, tampaknya akan seru jika ketiganya bisa tampil di trek bersamaan. Tapi, bukan menggunakan motor, melainkan mobil.

"Akan membuat penasaran untuk melihat kami dalam lingkungan yang berbeda. Meskipun, motorsport cukup mirip. Tapi, itu bisa menyenangkan," kata Pedrosa.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/20/114200015/karier-pedrosa-pada-ajang-balap-mobil-tergantung-ktm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke