Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Darat Diprediksi Membeludak, Hindari Mudik pada 28-29 April 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil survei, dari 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, 47 persen di antaranya bakal menggunakan jalur darat, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun bus.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah pemudik yang berangkat dari wilayah Jabodetabek sebanyak 14,3 juta orang. Jumlah tersebut naik 45 persen dibanding 2019 atau sebelum pandemi.

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan secara bersamaan pada masa prediksi puncak, tetapi mengambil alternatif dengan berangkat lebih awal guna menghindari kepadatan.

"Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat pada 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu," kata Budi dalam keterangan resminya, Minggu (18/4/2022).

Terkait transportasi kesiapan bus antarkota antarprovinsi (AKAP), Budi meminta agar benar-benar mempersiapkan armada dengan baik. Selain dari aspek kesehatan, keselamatan juga harus jadi perhatian utama.

Budi ikut meminta masyarakat yang mudik menggunakan motor untuk mengurungkan niatnya, dan beralih menggunakan program mudik gratis yang sudah diselenggarakan pemerintah, BUMN, dan swasta.

Seperti diketahui, Kemenhub telah menyiapkan 700 bus yang siap membawa 21.000 penumpang dari Jakarta ke 24 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, ada 70 truk yang akan mengangkut 2200 motor pemudik.

Empat di antaranya merupakan terminal utama, yakni Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, Tanjung Priok. Sementara itu, ada tiga terminal tambahan di Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke.

Syafrin menjelaskan, sejak 5 April 2022 telah dilakukan rampcheck terhadap armada bus, baik yang ada di terminal maupun di pul bus. Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan awak bus.

"Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan program mudik gratis sebanyak 492 bus dan 31 truk untuk mengangkut motor," ujar Syafrin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/18/103100915/jalur-darat-diprediksi-membeludak-hindari-mudik-pada-28-29-april-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke