Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Letak Kabel Mobil yang Sering Digigit Tikus

Akibat ulah tersebut, performa mobil bisa terdampak, bahkan konsleting  menjadi permasalahan yang terjadi akibat kabel kelistrikan yang mobil yang tergigit. 

Lalu kabel-kabel apa saja yang sering di gigit oleh tikus pada mobil ?

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, jika tikus punya kebiasaan mengigit kabel mobil yang letaknya di tempat bersuhu hangat.

“Kabel-kabel yang berada di area luar, khususnya yang dekat dengan komponen parts yang hangat seperti mesin atau transmisi menjadi langganan gigitan tikus,” kata Bambang baru-baru ini pada Kompas.com.

Dampak kabel kelistrikan mobil yang digigit tikus akan membuat fungsi kelistrikan terganggu. Alhasil, dapat menyebabkan mesin tidak hidup atau malfungsi sensor.

“Kalau sudah ada indikasi tikus yang bersarang, bisa diberi kapur barus atau wewangian supaya tikus pergi dari mobil,” kata Bambang.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) Drh. Muhammad Munawaroh mengatakan, untuk mempertahankan agar gigi tetap tajam dan pendek, tikus akan mengerat atau menggigit benda apapun di sekitarnya, termasuk kabel mobil.

“Tikus hewan pengerat yang gigi seri tumbuh terus sepanjang tahun. Giginya dapat tumbuh mencapai 10-12 cm per tahun,” katanya pada Kompas.com, baru-baru ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/195100915/ini-letak-kabel-mobil-yang-sering-digigit-tikus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke