Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Mobil Mewah Masih Butuh Upgrade Audio Standar

JAKARTA, KOMPAS.com – Jenama premium keluaran Eropa dan Jepang umumnya memasang perangkat audio bermerek dan menjadi standar pada mobilnya.

Meski begitu, mobil-mobil premium ini rupanya masih butuh upgrade audio bawaan untuk mendapatkan suara berkualitas.

Sebagai contoh merek Mazda yang menggunakan Bose, lalu Lexus yang menggunakan Mark Levinson, hingga Mercedes-Benz dengan Burmester.

Sandy Wuntoro, owner sekaligus instalatur bengkel spesialis audio mobil Sterindo Autosound, Haji Nawi, Jakarta Selatan, mengatakan, ada sejumlah alasan kenapa mobil-mobil premium butuh upgrade audio.

Pertama, merek mobil yang menyematkan perangkat audio dari brand ternama, tidak secara lengkap menggunakan komponen dari brand tersebut.

"Sound system yang terpasang tidak semua perangkat dari merek audio tersebut. Seperti prosesor atau amplifier dari merek audio itu, tapi speaker set tetap dari OEM," ujar Sandy, saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Alhasil, pemilik mobil mewah tetap bisa dilakukan upgrade audio mobil premium dengan replacement speaker OEM yang terpasang.

Menurut Sandy, tujuan dari penggantian komponen audio ini untuk mengoreksi keterbatasan frekuensi suara yang dihasilkan dari speaker OEM.

"Bagaimanapun speaker aftermarket punya frequency range yang lebih luas dari speaker OEM," ucap Sandy.

Sandy menambahkan, pada mobil jenis tertentu dengan sistem audio dari merek ternama memiliki prosesor yang di-lock. Kondisi ini membuat preset tuning suara tidak bisa menyesuaikan dengan selera pengguna mobilnya.

"Jadi tetap butuh upgrade pasang prosesor aftermarket agar bisa di-tuning menyesuaikan karakter suara dari sistem audio yang terpasang," kata Sandy.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/162200015/alasan-mobil-mewah-masih-butuh-upgrade-audio-standar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke