Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Supaya Anti-norak, Begini Cara Cek Posisi Tutup Tangki BBM pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengisi bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil, seringkali pengemudi, khususnya pemula, bingung dengan posisi tutup tangki bensin. Sebab, letak tutup tangki BBM berbeda-beda, ada yang di sisi kiri, ada juga di kanan.

Kejadian ini umumnya dialami oleh pengemudi yang masih pemula, atau pengemudi yang mengendarai mobil pinjaman. Padahal, ada cara mudah untuk mengetahui letak tutup tangki BBM pada mobil, sehingga pengemudi tidak perlu bingung saat akan mengisi BBM di SPBU.

Selain dengan membaca buku panduan, ada indikator pada mobil yang bisa memberi tahu pemilik kendaraan tentang letak tutup tangki BBM di mobil. Indikator ini ada di panel metercluster, seperti yang dijelaskan oleh akun TikTok @al.auto10.

Senada, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa letak tutup tangki BBM bisa diketahui dengan mudah, dan pengemudi tidak harus turun dari mobil.

"Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion ata bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indikator," ucap Didi.

Didi menjelaskan, pada panel indikator biasanya ada gambar berbentuk dispenser, diserta dengan panah segitiga yang menunjuk ke arah kanan atau ke arah kiri.

Sedangkan untuk letak tuas pembuka tutup tangki, Didi menjelaskan bahwa letak tuas pembuka tutup tangki berbeda-beda.

"Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakkan tipe mobil sedan dan multi purpose vehicle (MPV) posisi tuas tagkinya bersebelahan atau berdekatan dengan handel untuk membuka kap mesin," ucap Didi.

Namun, beberapa kendaraan tidak memiliki tuas pembuka tangki. Didi mengatakan, kendaraan yang tidak menggunakan tuas, mekanismenya ada pada tutup bensin. Biasanya, ini ditemukan pada mobil-mobil premium.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/114200315/supaya-anti-norak-begini-cara-cek-posisi-tutup-tangki-bbm-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke