Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Bahaya Ngebut di Tikungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengendara motor yang tidak memperlambat laju motor saat berkendara di area tikungan. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan celaka baik bagi pengendara maupun pengguna jalan yang lain.

Khususnya jika melaju dalam kecepatan tinggi di jalan yang memiliki dua lajur, sehingga ada potensi tabrakan atau adu banteng dengan kendaraan yang melaju dari arah berlawanan.

Selain kemungkinan tabrakan, pengendara motor juga bisa keluar dari jalur yang seharusnya akibat tidak sempat mengerem. Seperti yang terekam pada unggahan Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Terlihat tiga orang pengendara motor yang melaju dengan kecepatan tinggi di area tikungan jalan raya. Setelah melewati tikungan, salah satu pengendara motor tersebut malah melenceng keluar dari jalurnya.

Akibatnya, motor kehilangan keseimbangan dan pengendara motor tersebut jatuh di pinggir kiri jalan. Beruntung, tidak terjadi tabrakan dengan pengguna jalan yang lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, saat masuk tikungan baiknya pengendara motor mengurangi kecepatan.

Posisi motor yang terlalu tegak saat berkendara dalam kecepatan tinggi membuat lingkar belok motor semakin besar.

"Itu biasanya dari trek lurus kemudian ada tikungan yang menurut perkiraan si pengendara tikungan tersebut tidak akan tajam, sehingga kecepatan dia tetap tinggi. Padahal ketika kita berkendara kita harus bisa prediksi mengenai bahaya yang akan terjadi," ucap Agus.

Kemudian, saat akan memperlambat laju motor di area tikungan, jangan lakukan secara mendadak.

"Fungsi rem hanya digunakan menjelang tikungan untuk memperlambat laju. Memasuki tikungan lakukan akselerasi untuk membuat cengkeraman roda semakin baik. Jangan lakukan pengereman saat berbelok," ucap Aldrea Henry, Safety Riding Instructor DAM.

Salah mengerem atau melakukan pengereman mendadak bisa membuat motor terpeleset, dan membahayakn pengemudi serta pengguna jalan lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/11/141558115/ketahui-bahaya-ngebut-di-tikungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke