Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kolabs Baze dengan Karoseri Laksana Membuat Motorhome Double Cabin

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022 tidak hanya diisi oleh para pemegang merek otomotif. Tetapi di beberapa bagian hall, terdapat juga bengkel modifikasi dengan meluncurkan produk terbaru.

Misalnya di Prefunction Hall D, ada bengkel modifikasi interior asal Bogor, yakni Baze. Baze terkenal akan modifikasi kabin kendaraan menjadi super mewah atau motorhome, bahkan pernah juga membuat ambulans.

Pada IIMS 2022, Baze memboyong produk barunya dengan tajuk Maha Motorhomes yang mengambil basis dari pikap kabin ganda atau double cabin. Produk baru ini adalah hasil kolabs alias kolaborasi antara Baze dengan Karoseri Laksana.

Direktur PT Bahana Selaras (Baze) Bari Setiadi mengatakan, awal kerja sama antara Baze dengan Karoseri Laksana adalah saat motorhome buatan Baze tidak bisa dibawa ke tempat yang lebih jauh atau ke medan off road.

"Saya sudah beberapa kali bikin motorhome model Hiace. Tapi kendalanya, banyak tempat-tempat yang enggak dia (Hiace) jangkau, seperti tempat-tempat yang eksotis di pedalaman," ucap Bari kepada Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Bari menceritakan, mobil yang menggunakan penggerak empat roda (4x4) dengan mudah menjangkau daerah yang eksotis tadi. Sedangkan motorhome buatannya yang berbasis Hiace tidak bisa ikut jalan ke sana.

"Temen-temen pada nyampe, saya terpaksa tertinggal karena tidak bisa naik. Dari situ terpikir ide, mobil 4x4 paling murah bisa dapat dari double cabin," ucap Bari.

Kemudian dari double cabin tadi, maka harus dibuat bodinya agar bisa menjadi motorhome yang nyaman. Berbicara soal pembuatan bodi kendaraan, Baze menyerahkan ke ahlinya, yakni Karoseri Laksana.

"Kita mulai rancang-rancang, akhirnya saya ajak pakar dari bodi yaitu Karoseri Laksana. Buat mereka bikin yang kayak gini (bodi) udah hal yang sehari-hari karena sering bikin bus dan lain-lain, jadi lah kolaborasi," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/04/092200415/kolabs-baze-dengan-karoseri-laksana-membuat-motorhome-double-cabin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke