Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Cuci Mobil Bisa Cegah Karat

JAKARTA, KOMPAS.com— Memiliki mobil yang terawat harus ekstra memperhatikan berbagai potensi masalah, terutama karatan.

Karatan dapat terjadi pada mobil lawas atau mobil keluaran terbaru. Apabila terus dibiarkan, karat pada mobil akan mengganggu penampilan mobil karena bodi mobil tidak lagi mulus.

Tidak hanya itu saja, karatan juga akan melebar dan mengganggu performa mobil. Biaya untuk perbaikan bodi mobil yang karat juga tidaklah sedikit.

Dwiki T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing mengatakan jika karatan pada mobil dapat dicegah dengan cara yang sederhana.

"Sebenarnya cukup mudah, mencuci mobil secara benar sangat membantu mencegah karat pada bodi mobil," katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Dengan mencuci mobil secara rutin, terutama saat mobil kotor usai dipakai menjadi cara sederhana cegah bodi mobil karatan.

Mencuci mobil akan mencegah hal yang menempel di bodi berkembang menjadi penyebab karatan.Akan tetapi, saat mencuci juga tidak boleh asal memilih air.

Baiknya, menggunakan air dan shampoo dengan pH normal. Jika salah memilih, mencuci mobil justru akan menyebabkan karatan terjadi.

Tidak hanya itu saja, pastikan usai mencuci untuk mengeringkan mobil dengan sempurna.

"Terutama pada sela-sela bodi mobil seperti tutup tangki bensin, sela pintu, lis kaca dan bagian dalam pintu," ujar Dwiki.

Sisa air dari mencuci mobil yang tidak kering sempurna dapat masuk ke sela-sela panel bodi mobil. Jika dibiarkan, lambat laun menjadikan panel bodi berkarat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/30/200100215/rutin-cuci-mobil-bisa-cegah-karat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke