Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TVS Merilis XL 100, Motor Pertama Mesin Single Speed

JAKARTA, KOMPAS.com - PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) menambah jajaran produknya dengan meluncurkan skuter matik (skutik) yang unik, yakni XL 100 Heavy Duty i-Touchstart.

Skutik yang satu ini diklaim sebagai kendaraan multifungsi yang aman dan tahan lama. Tapi, bukan termasuk kendaraan niaga, melainkan kendaraan harian.

J Thangarajan, Presiden Direktur PT TMCI, mengatakan, TVS sangat antusias untuk meluncurkan XL 100 Heavy Duty i-Touchstart di Indonesia untuk memenuhi beragam kebutuhan mobilitas para pencinta sepeda motor.

"Tentunya, TVS XL 100 Heavy Duty akan sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan kendaraan roda dua yang berkualitas, tahan lama, dan lebih hemat bahan bakar," ujar Thangarajan, dalam keterangan resminya, Selasa (29/3/2022).

Thangarajan menambahkan, kendaraan roda dua multifungsi ini tak hanya nyaman perjalanan sehari-hari, tapi juga untuk menunjang keperluan bisnis.

XL 100 sendiri bukan nama yang baru di keluarga TVS. Skutik ini sudah dipasarkan sejak beberapa dekade yang lalu. Tapi, tidak banyak yang tahu bahwa XL 100 adalah cikal bakal TVS Racing, tim balap pabrikan pertama di India dengan warisan sejarah sejak 40 tahun lalu.

Desainnya cukup berani, meskipun mirip dengan sepeda listrik. Pilihan warnanya juga dinamis dengan grafis yang eksentrik. Selain itu, XL 100 Heavy Duty i-Touchstart dilengkapi suspensi depan teleskopik bersistem hidrolik layaknya motor sport.

Untuk fiturnya, TVS membekali skutik ini dengan teknologi starter generator yang terintegrasi (ISG), demi proses starter yang halus.

Skutik ini dilengkapi juga dengan teknologi Ecothrust Fuel injection (ET-Fi) generasi terbaru yang diklaim lebih irit bahan bakar.

Uniknya, kursi belakang dapat dilepas dengan platform kokoh dan ruang lantai atau dek yang lebih besar. Sehingga, membuat pengendara lebih nyaman dan aman.

Sedangkan pada dapur pacunya, motor ini dibekali mesin 4-tak, satu silinder, berkapasitas 99,7 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 3,20 kW atau setara dengan 4,3 tk pada 6.000 rpm.

XL 100 Heavy Duty i-Touchstart mengandalkan sistem transmisi kecepatan tunggal atau single speed yang unik. Sehingga, menjadikan XL 100 sebagai motor pertama yang dapat dioperasikan hanya dengan satu perpindahan gigi dan kemudian dapat digunakan sebagai motor bersistem transmisi otomatis.

TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart hadir dengan pilihan warna hitam dan coklat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/29/150306615/tvs-merilis-xl-100-motor-pertama-mesin-single-speed

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke