Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

130 Rest Area Siap Layani Pemudik, Kapasitas Dibatasi 50 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik Lebaran 2022. Untuk memberikan pelayanan buat para pemudik, ratusan rest area atau tempat istirahat telah disiapkan seluruh jalan tol di Indonesia.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, keberadaan tempat istirahat menjadi faktor penting kelancaran arus mudik.

Oleh sebab itu, BPJT beserta Badan Usaha Jalan Tol telah menyediakan sebanyak 130 Rest Area seluruh Jalan Tol di Tanah Air.

Rest area ini terdiri dari Rest Area Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo yakni (38 rest area Tipe A, 33 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C), Rest Area Non Trans Jawa (15 rest area Tipe A, 2 rest area Tipe B).

Kemudian Rest Area Trans Sumatera yang ada di Bakauheni hingga Palembang yakni (17 rest area Tipe A dan 4 rest area Tipe B).

Selanjutnya, Rest Area Nusantara yang ada di ruas tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, Medan - Binjai, Pekanbaru - Dumai, Palembang - Indralaya, Balikpapan - Samarinda terdiri dari (7 rest area Tipe A, 1 rest area Tipe B, dan 8 rest area Tipe C).

"Dalam pengelolaannya di Rest Area, diterapkan physical distancing dan memastikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 terlaksana,” ujar Danang, dalam keterangan tertulis (27/3/2022).

“Selain itu membatasi kapasitas parkir maksimum 50 persen dan waktu singgah pengunjung, menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan, dan manajemen pengelolaan antisipasi kepadatan kendaraan bersama pihak kepolisian" kata dia.

Sementara itu, ketersediaan rest area di jalan tol tidak dapat menampung semua pemudik yang menggunakan jalan tol.

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, mengatakan, pemudik lebih baik mengarahkan kendaraan untuk keluar tol ketimbang masuk rest area.

Sebab di kota-kota yang dilewati para pemudik ketika melintasi jalan tol, juga terdapat SPBU atau tempat istirahat yang memadai.

“Oleh sebab itu, dapat diarahkan untuk keluar jalan tol dan pemerintah daerah menyediakan rest area sementara,” ucap Djoko, kepada Kompas.com (28/3/2022).

“Keberadaan rest area sementara akan membantu peningkatan ekonomi daerah,” ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/29/082200215/130-rest-area-siap-layani-pemudik-kapasitas-dibatasi-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke