Salin Artikel

Uji Performa dan BBM Honda City Sedan di Dalam dan Luar Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas aspek menarik pada bagian eksterior, interior, serta fiturnya, tim langsung melakukan pengujian performa terhadap Honda City Sedan generasi kelima.

Memang, secara spesifikasi dapur pacu yang dibenam pada bonnet-nya masih sama yaitu 1.5L empat silinder yang mampu menghasilkan daya maksimum 119 dk dan torsi puncak 145 Nm.

Namun dengan struktur dan model yang berbeda, rasa berkendara pada mobil ini sedikit terdapat perubahan. Tetap nyaman, tapi tenaganya tak sungkan-sungkan berhembus.

Terbukti saat kali pertama tim menginjak pedal gas mobil, responsnya langsung baik sekali tapi tidak sampai ke arah yang agresif karena City Sedan pendekatannya lebih kepada elegan.

Dengan kata lain, putaran bawah mobil begitu terasa hingga menengah, terus mengisi. Namun untuk mencapai putaran atas (5.000 rpm ke atas), cenderung stagnan atau tidak ada tendangan tambahan.

Raungan mesin juga kerap terdegar ketika pegemudi membejek gas. Tapi tidak sampai mengganggu penumpangnya karena hanya beberapa waktu saja.

Sehingga selama perjalanan perkotaan, kami merasa mesin kendaraan tetap bisa menyuguhkan porsi tenaga mumpuni di setiap kesempatan.

Dengan kondisi penuh penumpang di jok belakang dan barang bawaan di bagasi, sedan ini cukup mengakomodir kebutuhan.

Adapun soal handling, terbilang cukup menyenangkan. Apalagi setelan suspensinya tidak begitu empuk tapi juga tidak terbilang keras. Jadi minim limbung ketika diajak bermanuver.

Kehadiran fitur cruise control pun membuat kesan tersendiri saat mengemudikan mobil ini. Tapi memang belum adaptive, sehingga perlu adanya kontrol penuh dari pengemudi agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Pada pengetesan ini, tercatat pada layar MID bahwa konsumsi BBM untuk City sedan dalam wilayah perkotaan dengan jarak tempuh 51 km, ialah 11,9 kpj.

Lebih boros memang dibanding saat kami melakukan pengetesan ke luar kota, karena jalur yang ditempuh lebih tak padat kendaraan dan hampir 90 persennya ialah jalur tol.

Pada pengetesan ke luar kota, tercatat bahwa konsumsi BBM City sedan mencapai 13,3 kpj dengan jarak tempuh 222 km.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/26/144200615/uji-performa-dan-bbm-honda-city-sedan-di-dalam-dan-luar-kota

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.