Salin Artikel

Ulik Perbedaan Honda Genio Baru dan Lawas, Bukan Sekadar Pelek

JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda Genio resmi meluncur belum lama ini. Skutik selevel Honda Beat itu mengincar pemakai motor baru atau anak muda di segmen skutik entry level.

Ada beberapa ubahan yang dapat dillihat dari Genio facelift 2022. Pertama ukuran pelek yang lebih kecil dari sebelumnya, kemudian penempatan soket charger di depan yang sebelumnya ada di bagasi.

Wahyu Budhi, Techical Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, selain ubahan tersebut ada beberapa ubahan lainnya yang kalau tidak diperhatikan dengan seksama tak akan terlihat.

"Bentuk fasia di bagian lampu berbeda. Ada perbedaan di bagian atas dan bawahnya. Terlihat lebih menonjol," kata Wahyu dalam video telekonferensi, Rabu (23/3/2022).

Perbedaan lain ialah bagian rak depan atau pocket rack. Seperti diketahui pada Genio 2022 soket charger-nya diletakkan di bagian rak kanan. Hal ini membuat volume rak jadi berubah.

Jika di Genio lama volume di rak kiri 1,5 liter dan rak kanan 1,2 liter maka di Genio baru rak kirinya menjadi 1,9 liter dan rak kanan bagian delan 0,27 liter dilengkapi dengan aksesoris soket, dan luarnya 0,18 liter.

Rak kiri di Genio baru dibuat lebih besar sebagai kompensasi karena rak kanannya jadi lebih kecil untuk tempat soket charger.

Perbedaan lain yaitu diameter selang rem depan. Pada Genio lama diameter selang remnya 10 mm sedangkan di Genio baru diameter selang remnya 8 mm. Tapi diklaim performa pengereman tetap sama.

"Kemudian rear cushion (suspensi belakang) lebih panjang. Di Genio lama panjang suspensi belakang 314 mm, sedangkan di Genio baru 322 mm. Beda sekitar 8 mm," katanya.

"Perbedaan rear cushion lebih panjang karena menggunakan roda depan dan belakang dengan ukuran 12 inci," kata Wahyu.

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada bagian harness wire. Wahyu menjelaskan sistem perkabelan di Genio baru diperbaharui agar lebih simpel.

"Perubahan pada letak accesories socket dan sub harnesss engine digabung dengan main harness," ungkap Wahyu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/24/100200315/ulik-perbedaan-honda-genio-baru-dan-lawas-bukan-sekadar-pelek

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.