Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Creta Banjir Fitur, Simak Keunggulannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Creta memiliki desain eksterior yang unik. Tapi, bagian kabin atau interiornya pun tidak kalah menarik.

Interior Creta memang minim dengan lapisan material soft touch. Tapi, tampilannya tetap terlihat elegan dan pada beberapa bagian juga menunjukkan kesan sporty.

Kompas.com sudah mengulas tentang Hyundai Creta pada beberapa kesempatan. Kali ini, pengujian kembali dilakukan untuk mengulik lebih dalam mengenai performa dan konsumsi BBM-nya, termasuk fiturnya.

Kompas.com dipinjami unit untuk tes oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dengan tipe tertinggi, yakni Prime. Untuk urusan fitur, tentu tersedia paling lengkap di antara tipe lainnya.

Hyundai membekali Creta dengan banyak fitur, baik dari segi hiburan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan.

Pada bagian dasbor, Creta memiliki panel instrumen dengan layar full TFT LCD berukuran 10,25 inci. Sementara untuk head unit, ukuran layarnya juga cukup besar, yakni 8 inci.

Head unit mobil ini tentunya sudah bisa terintegrasi dengan smartphone, baik Android Auto maupun Apple CarPlay. Fitur-fitur yang dihadirkan pada head unit juga beragam, mulai dari radio, memo suara, media player, mode valet, mirroring, mode senyap, BlueLink, dan notifikasi.

Bahkan, terdapat fitur Kiblat yang dapat menunjukkan arah kiblat, lengkap dengan garis lintang dan gairs bujurnya.

Setirnya juga sudah dilengkapi dengan audio steering switch. Tapi, tak hanya bisa mengatur sistem audio saja.

Pengaturan panel instrumen juga bisa dari setir. Paddle shift juga disematkan di balik setir, untuk pengendara yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan transmisi manual.

Sumber listrik atau colokan untuk mengecas gawai juga cukup banyak, ada tiga power outlet pada konsol tengah. Lalu, ditambahkan lagi dengan wireless charging.

Soal kenyamanan, Hyundai membekali Creta dengan Push Start Button, Remote Start Engine, Ventilated Seat pada baris pertama, Air Purifier, serta AC yang sepenuhnya otomatis. Baris kedua juga terdapat AC dan power outlet.

Untuk tipe Prime, sound system didukung oleh delapan speaker dari Bose. Suaranya jelas jauh lebih maksimal dibandingkan dengan speaker pada tipe terendahnya.

Pabrikan asal Korea ini juga memiliki teknologi Hyundai SmartSense yang terdapat banyak fitur di dalamnya, seperti High Beam Assist, Forward Collision-avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Driver Attention Warning, Driver Rear View Monitor, Bling-spot Collision-avoidance Assist, Safe Exit Warning, dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist.

Creta akan memberikan notifikasi atau bahkan melakukan pengereman jika ada objek yang mendekatinya dan berpotensi terjadi tabrakan. Saat berkendara, mobil ini juga akan memberi informasi jika posisi mobil terlalu mendekati garis atau marka jalan. Bahkan, akan dikoreksi juga arah setirnya secara otomatis.

Fitur lainnya yang tak kalah penting masih banyak, seperti Anti-lock Braking System, Electronic Stability Control, Brake Assistant System, Vehicle Stability Management, Hill-Start Assist Control, Emergency Stop Signal, Rear View Camera, Tire Pressure Monitoring System, Airbag, immobilizer, dan alarm.

Sport utility vehicle (SUV) yang satu ini juga dibekali dengan Drive Mode yang terdiri dari empat pilihan, yakni Eco, Normal, Sport, dan Smart. Selain itu, ada juga Traction Mode dengan tiga pilihan, yaitu Mud, Sand, dan Snow.

Masih ada fitur canggih lainnya, yakni teknologi konektivitas Hyundai Bluelink. Jadi, terdapat tombol di atap yang jika ditekan akan mengarahkan pengendara ke Call Center untuk Roadside Assistance. Ada juga tombol SOS untuk mengarahkan Call Center SOS jika berada dalam keadaan darurat.

Hyundai Bluelink juga ada aplikasinya yang bisa digunakan pada smartphone. Fitur-fitur di dalamnya juga sangat beragam, seperti SOS, Auto Collision Notification, Road Side Assistance, Stolen Vehicle Immobilization, Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Notification, Manual/Automatic, dan lainnya.

Kecanggihan lainnya adalah dapat mengoperasikan beberapa fungsi pada mobil hanya menggunakan smartphone via aplikasi Bluelink. Misalnya, menyalakan dan mematikan mesin, menyalakan AC, membuka dan mengunci pintu, menyalakan klakson dan lampu jika sedang mencari mobil di parkiran, serta fitur Find My Car.

Hyundai Creta ditawarkan dengan empat tipe, yakni Active Rp 279 juta (OTR Jakarta), Trend Rp 319 juta (OTR Jakarta), Style Rp 359 juta (OTR Jakarta), dan Prime Rp 399 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/23/132100315/hyundai-creta-banjir-fitur-simak-keunggulannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke