Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Rocky, Daihatsu Juga Recall Gran Max dan Luxio

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Rocky, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) rupanya juga melakukan recall untuk dua model lainnya, yakni Gran Max dan Luxio. Dua minivan tersebut terindikasi mengalami beberapa masalah.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, untuk Luxio dan Gran Max akan di-recall untuk melakukan pemrograman ulan terkait ECU mesin.

"Gran Max dan Luxio itu repogram ECU engine. Kita menerima masukan dari beberapa wilayah bila ada fenomen RPM tidak stabil, mesinnya knocking, dan yang ketiga ada varian juga untuk mesin tersendat hingga mati di beberapa unit. Dari hasil investigasi ditemukan masalah pada ECU engine," kata Bambang dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut Bambang mengatakan, terkait masalah ECU engine pada Luxio dan Gran Max dikarenakan masalah cip yang ketika pandemi sedang tinggi, kebutuhannya lebih didominasi barang elektronik. Tapi setelah pasar otomotif naik penggunanya jadi berbagi.

Pada Kuartal III 2021, banyak konsumen yang membutuhkan unit cepat dan ready, sehingga Daihatsu membuat strategi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan multi source cip. Hal ini yang membuat dampak pada program di ECU engine Luxio dan Gran Max.

Sementara untuk totalnya, Bambang menyampaikan ada 11.734 unit Luxio dan Gran Max yang akan recall guna melakukan pemrograman ulang soal ECU mesin. Jumlah tersebut berasal dari produksi 9 September 2021 sampai 21 Januari 2022.

"Untuk sejauh ini, terkait masalah ECU engine kita sudah menerima masukan dari sahabat kita sebanyak 18 unit. Untuk mengantisipasi ini kita recall reporgram menggunakan DS3 terhadap 11.734 unit," kata Bambang.

Untuk proses recall ini, Bambang mengatakan akan ada informasi bagi pemilik Luxio, Gran Max, termasuk Rocky dari tiga sumber utama.

Pertama dari call center, atau melakukan pengecekan di situs resmi pada tautan www.daihatsu.co.id/recall, dengan memasukan nomor rangka kendaraan, atau bisa juga dengan menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.

Bila sudah melakukan konfirmasi, selanjutnya konsumen tinggal membuat jadwal ke bengkel resmi untuk melakukan penanganan. Perbaikan untuk Rocky yang membutuhkan pengelasan ulang paling tidak memakan waktu 10 jam pengerjaan, sementara untuk Luxio dan Gran Max kurang lebih hanya 15 menit.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/11/172200215/tak-hanya-rocky-daihatsu-juga-recall-gran-max-dan-luxio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke