Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil transmisi manual masih menjadi pilihan banyak orang karena harganya lebih terjangkau dan kemampuannya cukup mumpuni dalam melalui berbagai medan jalan.

Jika dibandingkan dengan mobil transmisi matik, perawatan mobil manual juga dikatakan lebih mudah dan murah.

Meski begitu, masih ada pengemudi yang memiliki kebiasaan buruk saat mengendarai mobil manual, sehingga akhirnya merusak komponen transmisi dan menyebabkan biaya perbaikan jadi lebih besar dari seharusnya. Selain itu, kebiasaan ini juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan bahwa kesalahan paling umum adalah kebiasaan meletakkan kaki di pedal kopling saat mobil sedang melaju.

"Pertama, kaki selalu standby di pedal kopling. Meski hanya menempel, tapi ini bisa menyebabkan kopling cepat aus. Lagipula, itu berpotensi menyebabkan kecelakaan," ucap Marcell.

Ia menyarankan, pengemudi sebaiknya mengistirahatkan kaki dari pedal kopling, saat mobil sedang berhenti ataupun ketika tengah berjalan. Jika jalanan sedang macet atau mobil terpaksa berhenti dalam durasi yang cukup lama, pengemudi sebaiknya memindahkan tuas transmisi ke posisi netral.

Kedua, pengemudi mobil manual seringkali menginjak gas pada saat kendaraan baru mulai dijalankan. Kebiasaan ini berpotensi membuat mobil terhentak dan maju dalam kecepatan yang mengagetkan pengemudi.

"Cukup lepas perlahan kopling saja, khususnya di jalanan rata. Kemudian tambahkan gas sedikit," kata dia.

Ketiga, kebiasaan memasukkan persneling ketimbang rem tangan saat mobil diparkir. Perilaku ini sebenarnya berbahaya, karena jika pengemudi lupa mengecek tuas transmisi, mobil bisa meloncat saat di-starter.

"Beberapa peristiwa terjadi bahwa saat parkir dengan memasukkan gigi persneling orang yang memakai berbeda, sehingga saat mobil distarter mobil meloncat dan bisa juga menimbulkan kecelakaan," kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/11/081200915/3-kesalahan-yang-sering-dilakukan-pengemudi-mobil-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke