Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Irit BBM ketimbang Bensin?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan di masyarakat bahwa mesin diesel lebih irit ketimbang mesin bensin. Karena itu, tak sedikit yang tertarik dengan diesel karena dianggap irit.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna tidak menampik anggapan tersebut. Menurutnya, ada dua hal yang membuat mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin.

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Suparna mengatakan, efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin. Dengan kerja mesin yang efisien, pembakaran juga akan lebih efisien.

Kemudian, penyebab yang kedua, yakni kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin.

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ucapnya.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) merupakan keunggulan tersendiri buat calon konsumen. Sebab, pengeluaran untuk bensin bisa berpengaruh terhadap keperluan lainnya.

Keunggulan lain mesin diesel yaitu memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin diesel yang menggunakan tipe mesin long stroke.

“Tipe mesin ini mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” kata Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/10/101200915/mitos-atau-fakta-mobil-mesin-diesel-lebih-irit-bbm-ketimbang-bensin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke