Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aniaya Masih Menjadi Penyakit Pengguna Jalan di Indonesia

Paling baru menimpa seorang sopir pikap material yang dianiaya oleh pengendara motor di depan Indomaret Pasir Randu, Cikarang, Jawa Barat.

Dalam unggahan yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck, sopir pikap tersebut menceritakan kronologi kejadiannya.

Diketahui kejadian bermula saat sopir pikap tersebut menghentikan kendaraan karena ada angkot yang berhenti di depannya. Merasa tak senang, pria yang mengendarai motor di belakang mobilnya langsung menyusul dan memukul kaca spion sopir pikap itu.

Tak sampai disitu saja, pengendara motor itu juga terlihat menarik sopir pikap keluar dari kendaraan dan menginjak kepalanya.

“Saya ngerem karena ada angkot, motor di belakang saya berhenti kayak kagok gitu, terus dia maju, spion saya di geprak. Dia (pengendara motor) berhenti, saya bertanya ada apa? Saya minta maaf kalau saya. Terus dipukul, jatuh, diinjak,” kata sopir pikap dalam video tersebut.

Berkendara di jalan raya memang penuh hal-hal yang kadang membuat jengkel, bahkan hingga emosi. Namun, cara menyalurkan emosi menjadi penganiayaan tidak bisa dibenarkan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi, yakni bertanggung jawab, kontrol diri, dan berpikir positif.

“Pengemudi harus paham bahwa menyetir berisiko kecelakaan dan rawan konflik, jadikan tanggung jawab sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari, bukan slogan,” ucap Sony beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Kemudian kontrol diri diperlukan agar bisa saling berbagi, sopan, dan mengalah ketika berkendara. Anggap saja pengguna jalan itu memiliki kepentingan yang mungkin harus didahulukan.

“Berpikir positif, sampingkan ego dan pikirkan risiko terjelek. Pertimbankan bila melakukan tindakan agresif, apa akibatnya bila berurusan dengan hukum,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/08/070200815/aniaya-masih-menjadi-penyakit-pengguna-jalan-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke