Salin Artikel

Hindari Oknum Sales Nakal, Begini Prosedur Baku Saat Beli Mobil Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisah seorang wanita yang ditipu oleh oknum sales dealer resmi Honda MT Haryono ketika hendak membeli Honda Brio, baru-baru ini viral di media sosial.

Hal ini tentu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, untuk lebih berhati-hati terutama bagi yang ingin membeli mobil di dealer resmi.

Sebagai informasi, penipuan tersebut terjadi di diler resmi dan dilayani oleh sales yang menggunakan atribut lengkap seperti seragam, ID card hingga kartu nama.

Bahkan oknum sales itu pun mengeluarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) dan bukti kwitansi palsu untuk memperlancar aksinya.

Untuk menghindari kejadian serupa, Public Relation and Digital Manager Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Kafili mengatakan, pada dasarnya setiap diler sudah mempunyai prosedur baku untuk memastikan proses pembelian mobil aman dan nyaman.

“Maka dari itu, konsumen harus memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan melalui jalur yang resmi, terutama saat pembayaran dilakukan ke rekening resmi dealer. Di sisi lain, kami juga selalu berusaha melakukan monitoring untuk memastikan prosedur di dealer berjalan dengan baik,” ucap Arfi saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Sebelumnya, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy juga mengingatkan, calon konsumen untuk lebih berhati-hati dan selalu melakukan transaksi secara resmi.

“Seperti yang tertulis di SPK, bahwa setiap proses transaksi harus dipastikan di transfer ke rekening diler sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Walaupun ada permintaan ataupun tawaran dari sales consultant kami untuk transfer ke rekeningnya, atau rekening pribadi lainnya,” kata Billy.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/07/132100215/hindari-oknum-sales-nakal-begini-prosedur-baku-saat-beli-mobil-baru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.