Salin Artikel

Juara GP Qatar 2022 Enea Bastianini, Pebalap yang "Dekat" dengan Indonesia

Pebalap Italia itu berhasil mengalahkan Pol Espargaro yang mendominasi balapan sejak awal. Pada tiga lap terakhir Pol Espargaro terlihat melebar di tikungan pertama, situasi ini dimanfaatkan oleh Enea Bastianini untuk merebut posisinya.

Enea Bastianini mengawali awal karier balapan profesionalnya di kelas Moto3 pada 2014 lalu bersama Junior Team Go&Fun Moto3.

Pada musim debutnya di Moto3, Enea berhasil menyabet 3 podium dan mengakhiri musim dengan raihan 127 poin di klasemen balap.

Pebalap berusia 24 tahun itu balapan di Moto3 selama 5 musim, dengan raihan terbaik posisi kedua klasemen pebalap pada tahun 2016, di bawah naungan Gresini Racing Moto3.

Enea kemudian naik kelas ke Moto2 pada musim 2019 bersama Italtrans Racing Team.

Pada musim pertamanya di Moto2, Enea mendapat hasil yang kurang memuaskan. Pasalnya ia hanya mampu meraih peringkat ke 10 klasemen balap Moto2 2019 dengan total 97 poin dari 18 balapan.

Namun di musim 2022, kemampuan Enea menanjak drastis. Ia berhasil memenangkan Moto2 di Andalusia dan Ceko. Bahkan Enea berhasil finis di posisi podium dalam lima balapan, termasuk gelaran Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia.

Hasil tersebut mampu mengatarkannya menjuarai kelas Moto2 pada ajang balap Moto2 2020 dengan total raihan 205 poin.

Enea kembali naik kelas premier alias menjadi rookie pada musim balap MotoGP 2021. Saat itu ia bergabung dengan tim Esponsorama Racing.

Pada musim itu ia berhasil meraih podium ketiga sebanyak dua kali, yakni pada MotoGP San Marino dan GP Emilia Romagna.

Usai bergabung dengan tim Esponsorama Racing, Enea bergabung dengan tim Gresini Racing di musim MotoGP 2022.

Balapan pertamanya dengan Gresini Racing di musim ini berhasil dibuka dengan mulus, meraih podium pertama di MotoGP Qatar 2022.

Bastianini bisa disebut pebalap yang dekat dengan Indonesia. Gresini Ducati sendiri disponsori oleh beberapa perusahaan lokal Indonesia, seperti Antangin, Aspira dan Federal Oil. Selain itu, Bastianini juga memakai helm asal Indonesia, KYT.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/06/231947415/juara-gp-qatar-2022-enea-bastianini-pebalap-yang-dekat-dengan-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.