Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Lewati Tanjakan Pakai Mobil Matik, Penting Pahami Teknik Kickdown | Seperti Ini Wujud Bus Tingkat PO Lorena di Karoseri Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis atau matik tidak sama dengan mobil manual. Sehingga, teknik berkendaranya pun juga sedikit berbeda.

Salah satunya adalah teknik melewati tanjakan. Dengan mobil matik, butuh teknik kickdown agar dapat melewati tanjakan ini dengan aman dan lancar.

Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan Nurrahman Adi Saputra, mengatakan, teknik kickdown merupakan salah satu solusi buat mobil matik dalam berakselerasi atau membutuhkan torsi lebih besar.

Selain itu, PO bus Lorena dan Karina belum lama ini menampilkan beberapa unit bus yang sedang dibuat di Karoseri Laksana. Saat itu, sudah ada Suites Class milik PO Karina dan tersebar juga video suasana kabinnya.

Kemudian, belum lama ini juga muncul gambar bus tingkat PO Lorena di akun Instagram Freshbus. Pada foto yang sebelumnya tersebar, unit bus tingkat masih belum dilabur dengan cat.

Sedangkan pada foto bocoran terbaru, unit tersebut sudah dicat dengan warna khas PO Lorena, yakni Putih, hijau, dan ungu di bagian bawahnya. Selain itu pada salah satu foto juga sudah tertulis “LORENA” di bagian depannya.

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 5 Maret 2022.

1. Lewat Tanjakan Pakai Mobil Matik, Penting Pahami Teknik Kickdown

“Matik ini perpindahan transmisinya diatur oleh komputer atau mekanisme di dalam transmisi itu sendiri. Sehingga saat kita butuh power lebih pada saat menajak atau menyalip kendaraan, tak mudah terdeteksi oleh komputer atau transmisi itu sendiri, jadi kita gunakan teknik kickdown itu,” kata Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk melakukannya, Nurrahman menjelaskan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas gas atau mengendurkan injakan pada pedal gas.

"Setelah itu, ketika momennya pas, langsung injak pedal gas secara spontan dan maksimal. Ini akan terbaca oleh komputer seolah-olah pengemudi sedang membutuhkan power lebih. Sehinga kebutuhan tenaga bisa tersalurkan," ujar Nurrahman.

2. Seperti Ini Wujud Bus Tingkat PO Lorena di Karoseri Laksana

Sedangkan pada foto yang kedua, bodinya sudah dicat namun belum ada identitas, apakah untuk Lorena maupun Karina. Nampaknya akan ada dua bus tingkat milik PO dengan warna khas hijau ini yang meluncur dari karoseri Laksana.

Ketika redaksi melakukan konfirmasi, Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto belum bisa memberikan banyak informasi. Pastinya bus tersebut masih dalam tahap produksi, bagian kabinnya pun belum selesai.

Selain itu, untuk Suites Class Karina juga kabarnya bakal dirilis bersama bus tingkat. Jadi walaupun unitnya terlihat sudah selesai dari bocoran yang ada, bus tersebut masih belum akan dirilis dalam waktu dekat.

3. Imbas PPnBM, Ada Pilihan SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta Bulan Ini

Adanya diskon PPnBM 50 persen dari pemerintah, ternyata memberikan efek pada penurunan harga di segmen low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah pada Maret 2022.

Momen ini pun menjadi hal menarik untuk dimanfaatkan, pasalnya dengan hadirnya diskon pajak, kini bagi yang mencari SUV murah dengan harga terjangkau di bawah Rp 200 juta kembali ada pilihan.

Bila pada awal Februari lalu banderol Rocky 1.200 M MT sempat naik hingga Rp 200,6 juta, kini kembali turun hingga di bawah Rp 200 juta, tepatnya menjadi Rp 190,3 juta.

4. Minibus Jerman Mewah BAV, Jadi Senyaman Naik Jet Pribadi

Salah satu upaya dalam meningkatkan kenyamanan ketika bepergian adalah dengan melakukan modifikasi. Salah satu yang bisa diubah adalah bagian kabin atau interior dari kendaraan.

Kabin bisa diubah jadi lebih nyaman dibanding versi standar pabrikan. Hal ini bisa dilakukan oleh karoseri pembuat kabin kendaraan, seperti BAV Luxury Auto Design.

BAV baru saja meracik kabin minibus asal Jerman Mercedes Benz Sprinter 2022 menjadi super mewah layaknya jet pribadi. Kendaraan dengan dimensi panjang 6,9 meter dan tinggi 2,82 meter punya kabin lega yang bisa dimodifikasi dengan leluasa.

5. Rosalia Indah Tambah 8 Unit Bus Baru, Modelnya Mirip Bus Tingkat

Bulan puasa bisa dibilang sebentar lagi akan berlangsung. Pada momen tersebut, perusahaan otobus kerap menambah armada baru demi menarik perhatian penumpangnya.

Misalnya seperti PO Rosalia Indah yang baru saja menambah delapan unit bus dari Karoseri Adiputro. Kedelapan bus tadi menggunakan sasis Mercedes Benz OH 1626 yang dipasang ke bodi Jetbus 3+ MHD Voyager.

Kombinasi sasis dengan bodi ini memang cukup diminati PO bus mengingat dimensinya yang tidak sebesar SHD cuma bagasinya lega. Selain itu ada hal unik dari bagian eksterior bus ini, livery-nya mirip bus tingkat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/06/073731615/populer-otomotif-lewati-tanjakan-pakai-mobil-matik-penting-pahami-teknik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke