Salin Artikel

Bawa Anak Pergi Road Trip Naik Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan mobil pribadi bersama anak-anak memang terkesan lebih aman dan nyaman, misalnya road trip atau perjalanan jauh.

Selain kabin mobil yang tertutup, anak-anak juga bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan jika merasa lelah. Kegiatan seperti makan dan bermain pun bisa dilakukan di mobil agar anak tidak bosan, tetapi tetap aman.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan lebih ekstra kalau mau membawa anak naik mobil dalam perjalanan jauh.  Pasalnya, tetap ada bahaya yang mengintai jika orang tua tidak awas saat membawa anaknya berkendara jarak jauh menggunakan mobil.

Anak-anak dalam masa pertumbuhan gemar mengeksplor keadaan sekitarnya. Misalnya, di mobil seringkali anak-anak penasaran dengan pintu atau jendela mobil yang bisa dibuka.

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, orang tua perlu menyiapkan beberapa hal agar anak tetap aman terjaga di kabin mobil.

Sebelum memulai perjalanan, siapkan aktivitas-aktivitas yang dapat menyibukkan anak selama perjalanan. Beragam kegiatan bisa dipilih yang edukatif sekaligus menghibur. Misal, bernyani bersama, kuis menghitung, dan lain sebagainya.

Child & Family Psychologist Anna Surti Ariani mengatakan, penting bagi orang tua untuk menyiapkan aktivitas agar mereka tidak merasa bosan, yang kemudian menyebabkan anak menjadi rewel.

"Kalau buat anak-anak, apalagi semakin kecil anak, itu mereka here and now banget. Apa yang dia rasakan sekarang banget, dia enggak peduli yang nanti, dia enggak peduli yang tadi. Kalau dia tiba-tiba merasa capek, merasa bosan, itu dia bisa rewel," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dengan menyediakan aktivitas-aktivitas permainan, anak akan terfokus pada hal tersebut dan menjadi lebih cepat lelah sehingga mudah untuk tertidur. Hal ini dapat mengantisipasi potensi anak bosan dan iseng membuka jendela ataupun pintu mobil.

Selain itu, tindakan preventif yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan mengaktifkan fitur child lock pada pintu mobil. Fitur ini membuat pintu mobil terkunci dan tidak bisa dibuka dari dalam.

"Child lock dapat mencegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil bergerak atau saat macet," jelas Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre (RDC) pada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, ada fitur serupa yang bernama window lock, namun fokusnya adalah pada jendela mobil. Fitur ini membuat jendela pada tiap pintu mobil tidak bisa dioperasikan dari tempat duduk penumpang, namun harus dilakukan oleh pengemudi dari kabin pengemudi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/05/070200115/bawa-anak-pergi-road-trip-naik-mobil-perhatikan-hal-hal-ini

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.