Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Utama Jalur Puncak Bogor Macet Total Akhir Pekan Lalu

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah Puncak Bogor, Jawa Barat, menjadi trending topic dan viral di media sosial lantaran terjadi kemacetan yang cukup parah sejak Minggu (27/2/2022) hingga Senin (28/2/2022).

Sejumlah warganet pun mengeluhkan situasi kemacetan tersebut. Mereka mengaku terjebak dari siang sampai malam di jalur tersebut. Bahkan ada yang bercerita, dari Puncak menuju Jakarta harus memakan waktu sampai 17 jam.

Polisi menyebutkan bahwa ketidaksabaran pengendara menunggu antrean kendaraan menjadi penyebab utama kemacetan. Hal ini disampaikan oleh Kapolda Jawa Barat Irjen Sutana.

“Memang itu jadi permasalahan pada saat hari libur banyak yang menggunakan roda dua bersifat rombongan, kadang-kadang tidak suka mengindahkan aturan atau ketertiban lalin,” ucap Sutana, dikutip dari Regional Kompas.com, Senin (29/2/2022).

Sutana menambahkan, banyak pengendara sepeda motor menerobos dan menyalip jalur lain sehingga arus kendaraan dari depan tersendat dan macet. Tak hanya itu, pengendara tersebut juga mengabaikan pola rekayasa lalu lintas yang telah diberlakukan petugas.

“Pada Minggu kemarin, memang terdapat 10 kendaraan yang mogok di tengah jalan sehingga menambah kemacetan di beberapa titik. Ditambah lagi tingginya jumlah kendaraan membuat dua lajur pun menjadi menyempit dan kemacetan akhirnya semakin tak terhindarkan,” kata dia.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya meminta masyarakat yang ingin bepergian agar memastikan kembali kesehatan kendaraannya.

“Jangan memaksakan berjalan menggunakan kendaraan yang tidak layak, kelaikan kendaraan juga harus diperhatikan,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/070200615/penyebab-utama-jalur-puncak-bogor-macet-total-akhir-pekan-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke