Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selisih Rp 5 Jutaan, Mending VW T-Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor resmi memasarkan SUV 5-seater Volkswagen (VW) T-Cross di Tanah Air. Peluncuran mobil tersebut dilakukan secara virtual pada Rabu (23/2/2022).

VW T-Cross yang dijual hanya dalam satu varian ini dibanderol Rp 488 juta. Melihat harga tersebut, terdapat Mitsubishi Eclipse Cross dengan harga hampir serupa, hanya selisih Rp 5 jutaan.

Menimbang banderol kedua SUV tersebut, mana yang lebih cocok dipinang? Berikut komparasinya pada sejumlah aspek.

1. Eksterior

Secara dimensi, VW T-Cross memiliki panjang 4.221 mm, lebar 1.760 mm, tinggi 1.612 mm, dan jarak sumbu roda 2.651 mm. Mengusung desain modern Volkswagen, T-Cross dibekali dengan lampu depan yang projector dan lampu belakang LED, pelek ukuran 17 inci, serta sunroof.

Lantas Mitsubishi Eclipse Cross memiliki dimensi yang lebih besar. Panjangnya 4.405 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.674 mm, dan wheelbase 2.670 mm.

Eclipse Cross membawa bahasa desain khas Mitsubishi yakni Dynamic Shield pada mukanya, dilengkapi lampu yang seluruhnya sudah LED, pelek 18 inci, dan dual sunroof.

2. Interior

VW T-Cross dilengkapi dengan sejumlah fitur kenyamanan dalam kabin seperti ventilated seat untuk dua bangku depan. Terpasang pula ambient light warna putih guna menerangi kabin saat malam hari.

Pengemudi akan mendapatkan kluster instrumen full digital dalam layar 8 inci. Sementara sistem hiburannya mengandalkan layar sentuh 10 inci yang bisa dikoneksikan dengan ponsel.

Sementara itu, kabin Mitsubishi Eclipse Cross dibekali dengan fitur pemanas kursi untuk bangku depan, Touchpad Controller dekat tuas transmisi, Head Up Display, dan Thin Display Audio.

Sayangnya Eclipse Cross belum mendapatkan penyegaran sejak peluncurannya pada 2019 sehingga tampilan interiornya tidak terkesan baru.

3. Fitur Keselamatan

VW membekali T-Cross dengan piranti keselamatan standar seperti 6 Airbags, Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Hold Control (HHC).

Pada Mitsubishi Eclipse Cross, selain ABS, EBD, dan VSC, terpasang juga 7 Airbags, Blind Spot Warning, Active Yaw Control (AYC) Hill Start Assist (HSA), dan Forward Collision Mitigation System (FCM).

4. Mesin

Perkara dapur pacu, VW T-Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross memiliki kapasitas mesin yang berbeda jauh. VW T-Cross di Tanah Air hanya dibekali mesin 3 silinder 1.000 cc turbo TSI dengan performa 115 PS dan torsi puncak 178 Nm.

Sementara Mitsubishi Eclipse Cross memiliki jantung yang lebih besar, MIVEC 4 silinder 1.500 cc dengan performa 150 PS dan torsi 250 Nm.

5. Harga

Sama-sama dipasarkan dalam satu varian saja, VW T-Cross saat ini dibanderol Rp 488 juta. Sementara Mitsubishi Eclipse Cross sedikit lebih mahal namun tak terlampau jauh, yakni Rp 493,75 juta. Dengan kata lain, keduanya sama-sama bermain pada kelas SUV di bawah Rp 500 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/27/130100115/selisih-rp-5-jutaan-mending-vw-t-cross-atau-mitsubishi-eclipse-cross-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke