Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Teknik Engine Brake Dilakukan pada Mobil Matik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa kebiasaan buruk pemilik mobil yang bisa membuat rem cepat aus dan blong.

Salah satu kebiasaan yang dapat membuat rem cepat blong adalah kebiasaan menginjak pedal rem secara tiba-tiba dari kecepatan tinggi. Ini membuat rem bekerja lebih keras dan menjadi cepat panas.

Rem panas kemudian dapat menyebabkan terjadinya vapor lock, dan mengakibatkan rem menjadi blong.

Kondisi ini sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal, baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan yang lain.

Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI) Sony Susmana memaparkan, ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan untuk melakukan engine brake pada mobil transmisi matik.

"Untuk kendaraan yang matik-nya model lawas, memang tidak ada engine brake-nya. Biasakan mengurangi kecepatan sebelum turunan, kontrol kecepatan dengan menurunkan gear ke rendah dan menginjak pedal rem secara gradual," kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Ia menjelaskan, menginjak pedal rem secara gradual atau bertahap maksudnya adalah hanya sebatas untuk mengontrol kecepatan saja.

"Hindari menginjak pedal rem dengan keras dan terus-terusan," lanjut Sony.

Dengan mengurangi kecepatan terlebih dahulu, rem tidak akan bekerja terlalu keras sehingga tidak mudah panas dan blong.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan cara engine brake pada mobil transmisi matik.

"Ada juga di mobil transmisi matik, jadi kalau mobil matik kan biasanya kita di D ya, kalau misal ada turunan tajam di mobil manual biasanya turun ke posisi gigi lebih rendah. Kalau transmisi matik juga ada itu diturunkan ke gigi 3, 2 dan seterusnya secara perlahan," kata Didi seperti dikutip Kompas.com.

Saat akan melakukan engine brake, perpindahan tuas persneling pada mobil matik dilakukan saat mobil melaju pada kecepatan 30 kpj, tidak lebih. Ini dilakukan agar komponen transmisi otomatis pada mobil tidak rusak.

Ia menjelaskan, pada semua mobil transmisi matik ada opsi gigi yang lebih rendah. "Semua transmisi matik ada itu gigi untuk yang lebih rendah," jelas Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/23/192100015/bisakah-teknik-engine-brake-dilakukan-pada-mobil-matik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke