BrandzView
Konten ini kerja sama kompas.com untuk edukasi mengenai mobil bertenaga listrik
Salin Artikel

Perbandingan Spek Motor Listrik Armada Gojek dan Grab

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji coba motor listrik telah dilakukan Gojek selama beberapa waktu terakhir di Jakarta. Untuk armadanya, Gojek memilih produk lokal Gesits dan skuter listrik asal Taiwan, Gogoro.

Mengenai speknya, Gesits dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW atau setara 6,7 tk. Motor ini memiliki 3 mode berkendara, dan kecepatan maksimal Gesits dibatasi sampai dengan 70 kpj.

Gesits memberikan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk satu unit baterainya. Sementara itu, merek ini juga memberikan garansi buat baterai motor listrik selama 3 tahun.

Motor listrik ini dapat menggunakan 2 baterai, sehingga dapat berjalan hingga sekitar 100 kilometer tiap melakukan pengisian daya hingga penuh.

Adapun waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 menit pertama dapat menempuh jarak 10 Km. Gesits mengklaim, motornya dapat menempuh hingga 50 km per baterai, jika menggunakan dual battery maka jarak tempuhnya mencapai 100 km.

Di samping Gesits, Gojek juga punya armada motor listrik Gogoro 2. Di mana motor ini mengadopsi G2 Motor berteknologi Liquid cooled permanent magnet synchronous motor, yang menghasilkan tenaga maksimal 6,4 kW atau setara 8,7 tk.

Kecepatan puncak Gogoro 2 mencapai 90 kpj. Sementara jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai jarak 150 km untuk satu kali swap baterai, dengan catatan kondisi berkendara ideal dan kecepatan konstan 30 km per jam.

Selain dua armada Gojek, Grab juga sudah memiliki layanan motor listrik. Bedanya Grab mengusung merek lokal Viar Q1.

New Q1 dibekali dengan motor listrik buatan Bosch. Motor ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 800 watt atau sekitar 1,08 tk. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 60 kpj.

Sedangkan untuk baterainya, menggunakan lithium ion dengan spesifikasi 60 V 23 AH. Usia baterainya diklaim mencapai 1.000 kali pengisian.

Untuk mengecas baterai sampai penuh dari keadaan kosong, hanya butuh waktu sekitar 4 jam sampai 5 jam. Kemampuan jelajahnya sendiri diklaim mencapai 60 kilometer.

Viar membekali skuter listrik ini dengan dua mode berkendara. Mode pertama, kecepatan maksimumnya hanya sektar 40 kpj. Sedangkan mode kedua, bisa lebih cepat, yakni mencapai 60 kpj.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/23/181100415/perbandingan-spek-motor-listrik-armada-gojek-dan-grab

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.