Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang | Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022. Ke depan, sirkuit jalan raya itu akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait soal sirkuit, mulai dari sisi keamanan hingga permukaan lintasan yang merupakan bagian paling krusial buat balapan.

Selama pengujian, ditemukan dua area yang butuh ditingkatkan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang memengaruhi sirkuit.

Kemudian, beredar video di media sosial yang memperlihatkan salah satu ban terlepas dari mobil SUV berwarna putih di ruas jalan tol.

Berdasarkan keterangan unggahan akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, dijelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi di Tol Cipali arah Jakarta.

Saat kejadian, mobil SUV tersebut sedang melaju pelan di bahu jalan tol, sehingga pengemudi tersebut bisa langsung menghentikan laju mobilnya.

Selengkapnya, berikut in daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 16 Februari 2022.

1. Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya, sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang.

Bagian yang akan dilapis ulang ialah sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. ITDC akan memastikan bahwa aspal yang dipakai memenuhi standar MotoGP.

Jika melihat denah sirkuit maka setidaknya pelapisan ulang itu akan menyentuh enam tikungan. Mulai sebelum tikungan akhir dan masuk jalur lurus atau straight hingga empat tikungan sesudahnya.

2. Ban Mobil Lepas Saat Melintas di Bahu Jalan Tol Cipali

Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi pengendara mobil maupun pengguna jalan tol lainnya. Sebab, tidak jarang dari mereka yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalan tol, sehingga sulit untuk menghindari ban tersebut.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab ban lepas adalah tidak memasang baut atau mur gading-gading roda dengan kencang.

Menurutnya, jika ada satu baut yang terlepas berarti ada kemungkinan baut lain juga dalam kondisi yang sama.

3. Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang, Paling Lambat Selesai 10 Maret 2022

FIM, Dorna Sports, dan ITDC sudah sepakat untuk melakukan pengaspalan ulang sebagian lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Proses pengerjaan pun sudah berjalan.

Abdulbar Mansoer, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan acion plan kepada FIM. Pihaknya juga sudah mendapatkan jawaban dari Franco Uncini, Grand Prix Safety Officer FIM.

"Mereka menerima action plan kami dan mereka akan memonitor pembenahan sirkuit ini. Kami selaku pemilik dan pengelola sirkuit, berkomitmen untuk tetap dengan partner kami, PT PP dan RMI, untuk melakukan penyempurnaan sirkuit," ujar Abdulbar, Rabu (16/2/2022), dalam konferensi pers virtual.

4. Ducati Kembali Diserang Pabrikan Lain, Minta Perangkatnya Dilarang

Ducati menjadi salah satu pabrikan di MotoGP yang paling inovatif. Beberapa inovasi yang dilakukannya beberapa kali mengundang pro dan kontra.

Kasus terbaru terjadi pada sesi tes pramusim MotoGP 2022, di mana Ducati menggunakan 'Front Ride Height Adjuster'. Perangkat ini dapat mengatur tinggi rendah suspensi depan secara manual.

Sebelumnya, Ducati sempat diprotes dengan penggunaan winglet. Tapi, sekarang semua pabrikan sudah menggunakannya juga untuk meningkatkan aerodinamika.

5. Rapor Penjualan MPV Murah Januari 2022, Xpander Terlaris

Segmen mobil low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah bisa dikatakan menjadi pasar paling ramai di Indonesia hingga saat ini.

Sebab LMPV menawarkan kombinasi ruang kabin yang muat banyak dan biaya servis terjangkau, sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Dari data yang diolah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar mobil LMPV mencatatkan wholesales total hingga 18.873 unit pada Januari 2022.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/17/060200115/-populer-otomotif-akhirnya-diputuskan-sebagian-aspal-sirkuit-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke