Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Foto Emak-emak di MotoGP, Ini Bahaya Bonceng Lebih dari Satu Orang

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto emak-emak naik motor matik dengan membonceng tiga anak berseragam sekolah viral setelah diunggah oleh pebalap MotoGP, Aleix Espargaro di akun instagram pribadinya @aleixespargaro, Jumat (11/2/2022).

Pebalap MotoGP tersebut mengikuti gaya emak-emak berbonceng tiga dengan kru nya menggunakan motor MotoGP miliknya. Dalam postingan tersebut juga dituliskan "The power of Emak-Emak MotoGP version! Don't try at home, only at Indonesia!"

Menanggapi hal ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keselamatan berkendara masih kurang.

"Di Indonesia, sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling praktis dan banyak digunakan. Bukan hanya sebagai alat angkut orang saja malah sering kita lihat motor juga bisa beralih fungsi menjadi gerobak berjalan untuk berdagang bahkan membawa barang berlebihan," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (12/2/2022).

"Pada dasarnya motor hanya boleh dinaiki oleh dua orang yaitu satu pengendara dan satu penumpang, namun dilapangan banyak jugag yang lebih dari 2 bahkan bisa 5 orang sekaligus jika 1 keluarga," kata dia.

Tindakan tersebut merupakan tindakan berbahaya karena pengendara tidak dapat leluasa dalam bermanuver memainkan stang kemudi dikarenakan posisi yang sempit dan riding postur yang tidak sesuai.

Terlebih lagi pengguna motor tidak menggunakan helm, padahal helm merupakan perlengkapan berkendara paling penting yang dapat melindungi kepala kita dari benturan saat terjatuh.

"Sebaiknya jika memang harus berboncengan lebih dari 1 penumpang dan situasinya tidak ada pilihan lain jangan lupa untuk selalu menggunakan helm saat berkendara," ucap Agus.

Agus mengatakan, pada saat berkendara kita tidak pernah tau kapan akan terjadi kecelakaan, jagan sampai penyesalan terjadi karena kelalaian kita sendiri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/12/134100615/-viral-foto-emak-emak-di-motogp-ini-bahaya-bonceng-lebih-dari-satu-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke