Salin Artikel

Saat Mobil Sehat Keliling Satukan Berbagai Etnis di Bangka Belitung

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Sabrina (66) warga Dusun Selindung, Desa Air Putih, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung tersenyum semringah.

Hari itu Sabrina tak perlu bepergian jauh untuk mendapatkan layanan kesehatan. Ia cukup mendatangi kantor Desa Air Putih, karena di sana sudah tersedia mobil sehat keliling.

"Tadi saya naik mobilnya, tidak terasa seperti dalam mobil. Di dalamnya nyaman, dokternya ramah. Seumur hidup, baru kali ini berobat di dalam mobil biasanya kan di Puskesmas atau di rumah sakit," kata Sabrina yang pergi berobat diantar anaknya, Minggu (6/2/2022).

Selain mendapatkan obat dan vitamin, Sabrina juga bisa berkonsultasi tentang masalah kesehatan. Bahkan mobil sehat juga menyediakan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum khususnya lansia.

Kehadiran mobil sehat keliling disambut antusias masyarakat daerah pelosok di Bangka Belitung. Bahkan mobil sehat keliling seolah-olah menjadi pemersatu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Mereka yang datang untuk memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan usia, suku dan agama.

Djit Kwet, warga Aik Antu, Desa Deniang, Kabupaten Bangka misalnya. Ia merasa terbantu dengan keberadaan mobil sehat keliling karena bisa mengikuti vaksinasi corona tanpa harus menunggu lama.

Tidak hanya menerima vaksin, Djit Kwet yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan juga bisa membawa pulang paket sembako.

"Kalau bisa rutin lewat kampung kami, jadi kalau ada gejala sakit bisa langsung berobat," harap Djit.

Mobil sehat keliling menggunakan kendaraan tipe bus. Masyarakat setempat biasa menyebut Oto Sihat merupakan bagian dari tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dilakukan emiten tambang PT Timah Tbk.

Sejak diluncurkan pada Desember 2020, Mobil Sehat telah memberikan pelayanan bagi 1.781 warga yang tersebar di 22 titik pelayanan di Kepulauan Bangka Belitung.

Mobil Sehat dilengkapi tenaga medis, obat-obatan yang bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Selain mendapatkan pelayanan kesehatan dasar, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi kesehatan. Sasaran pelayanan kesehatan tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/10/180100115/saat-mobil-sehat-keliling-satukan-berbagai-etnis-di-bangka-belitung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.