Salin Artikel

Kebiasaan Ini Bikin Pelek Jari-jari Motor Cepat Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kebiasaan berkendara yang membuat pelek tipe jari-jari untuk motor menjadi lebih cepat rusak atau bengkok.

Menjaga kebersihan pelek agar tidak cepat berkarat dan keropos menjadi tindakan preventif yang bisa dilakukan agar pelek tidak rusak. Namun, selain menjaga kebersihan pelek, pengendara juga perlu memperhatikan cara berkendara.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menjelaskan, kebiasaan menerjang jalan berlubang bisa menjadi salah satu alasan pelek cepat rusak.

"Pelek penyok karena menghantam lubang dengan keras. Atau, dikarenakan jari-jari pelek kendur atau bengkok," kata Endro pada Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Jika terlalu sering dipakai untuk menghajar jalanan yang tidak rata, bagian luar pelek motor akan cepat bengkok, khususnya pelek jari-jari.

Selain itu, pemilik motor juga tidak boleh abai terhadap tingkat kekencangan jari-jari pelek. Jika ada bagian yang sudah tidak kencang, baiknya segera disetel ulang untuk menghindari pelek ambrol di tengah perjalanan.

"Sering lakukan pengecekan berkala di bagian jari-jari pelek. Apabila kendur, lakukan penyetelan," jelas dia.

Pelek juga akan lebih cepat berkarat jika tidak dibersihkan dengan baik, terlebih jika pemilik motor tinggal di daerah yang rawan menimbulkan karat.

"Sering lakukan pembersihan bagian ring pelek dan jari-jari, untuk mengurangi timbulnya karat pada pelek," kata Endro.

Terakhir, umur pakai pelek juga harus diperhatikan. Pelek yang tidak pernah diganti walaupun rutin dipakai juga dapat memperparah kerusakan dan akhirnya akan berbahaya bagi pengendara motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/09/201100015/kebiasaan-ini-bikin-pelek-jari-jari-motor-cepat-rusak

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.